Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2023, 11:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelabang adalah serangga yang kehadirannya sering meresahkan di rumah. Kelabang cenderung mencari tempat gelap dan lembap di gudang, dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya.

Untungnya, dikutip dari Homes & Gardens, Senin (8/5/2023), kelabang tidak tertarik pada manusia, tetapi tertarik pada hama umum lainnya, seperti kecoak, laba-laba, dan gegat.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kelabang masuk ke rumah, mulai dari memperbaiki kebocoran hingga mengurangi kekacauan dengan rutin merapikan rumah.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Mampu Singkirkan Kelabang di Dalam Rumah

Ilustrasi kelabang.Shutterstock/bamgraphy Ilustrasi kelabang.

Kelabang memasuki rumah untuk makan dan berlindung dan paling aktif di malam hari. Berikut beberapa cara mencegah kelabang masuk ke rumah.

1. Atasi masalah kelembapan di rumah

Karena kelabang tertarik ke daerah yang lembap, maka atasi setiap ruangan yang lembap.

Misalnya, jika Anda pernah melihat kelabang di gudang atau garasi, solusi sederhananya adalah menyetel dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah.

Menjaga kadar air di udara di bawah 55 persen kelembapan relatif akan membantu mengendalikan hama ini, kata Scot Hodges, entomolog dari Arrow Exterminators. Selain itu, memperbaiki kebocoran pipa ledeng dan membersihkan selokan juga akan menjauhkan kelabang.

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Kelabang Muncul di Dalam Kamar Mandi

Ahli entomologi Viking Pest Control, Craig Sansig merekomendasikan untuk membuang serasah daun, mulsa, selokan hujan yang tersumbat, dan bahan organik lainnya di rumah untuk mengurangi lokasi persembunyian serangga yang menjadi makanan kelabang.

2. Tutup akses masuk kelabang

Cara nomor satu untuk mencegah kelabang dan hama lain di dalam rumah adalah menutup celah, tegas Bob Gilbert dari Blue Sky Pest Control. Jika Anda berdiri di luar pintu atau jendela dan dapat melihat cahaya bersinar dari dalam, Anda perlu menutup celah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com