Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mencegah Kelabang Masuk ke Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelabang adalah serangga yang kehadirannya sering meresahkan di rumah. Kelabang cenderung mencari tempat gelap dan lembap di gudang, dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya.

Untungnya, dikutip dari Homes & Gardens, Senin (8/5/2023), kelabang tidak tertarik pada manusia, tetapi tertarik pada hama umum lainnya, seperti kecoak, laba-laba, dan gegat.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kelabang masuk ke rumah, mulai dari memperbaiki kebocoran hingga mengurangi kekacauan dengan rutin merapikan rumah.

Kelabang memasuki rumah untuk makan dan berlindung dan paling aktif di malam hari. Berikut beberapa cara mencegah kelabang masuk ke rumah.

1. Atasi masalah kelembapan di rumah

Karena kelabang tertarik ke daerah yang lembap, maka atasi setiap ruangan yang lembap.

Misalnya, jika Anda pernah melihat kelabang di gudang atau garasi, solusi sederhananya adalah menyetel dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah.

Menjaga kadar air di udara di bawah 55 persen kelembapan relatif akan membantu mengendalikan hama ini, kata Scot Hodges, entomolog dari Arrow Exterminators. Selain itu, memperbaiki kebocoran pipa ledeng dan membersihkan selokan juga akan menjauhkan kelabang.

Ahli entomologi Viking Pest Control, Craig Sansig merekomendasikan untuk membuang serasah daun, mulsa, selokan hujan yang tersumbat, dan bahan organik lainnya di rumah untuk mengurangi lokasi persembunyian serangga yang menjadi makanan kelabang.

2. Tutup akses masuk kelabang

Cara nomor satu untuk mencegah kelabang dan hama lain di dalam rumah adalah menutup celah, tegas Bob Gilbert dari Blue Sky Pest Control. Jika Anda berdiri di luar pintu atau jendela dan dapat melihat cahaya bersinar dari dalam, Anda perlu menutup celah tersebut.

Dia juga menyarankan untuk memeriksa sapuan pintu, kusen, dan cuaca yang melucuti semua pintu dan jendela dan memperbaikinya sesuai kebutuhan.

Hanya celah kecil yang dibutuhkan kelabang untuk masuk ke dalam rumah, jadi dempul alas tiang dan gunakan penyegel.

3. Bersihkan dan rapikan rumah

Berpegang teguh pada jadwal pembersihan di rumah, dan pemberantasan akan berperan dalam mencegah berkembangnya masalah kelabang karena itu berarti lebih sedikit makanan dan lebih sedikit tempat untuk bersembunyi.

Jadi, jaga agar kamar mandi tetap bersih dan kering serta kurangi pengembunan dengan menjaganya tetap berventilasi baik, dengan jendela terbuka meski hanya sedikit, mengingat kelabang menyukai suhu dingin daripada panas.

Kelabang mencari makan di malam hari untuk serangga kecil, larvanya, dan laba-laba untuk dimakan, jadi menyingkirkan laba-laba dan hama kecil lainnya melalui penyedotan debu akan membantu pengendalian, ujar Hodges.

Jaga rumah Anda tetap rapi, bersih, dan tidak berantakan, terutama di ruang bawah tanah dan tempat merangkak, tempat yang disukai kelabang, saran A.H David dari Pest Control Weekly.


Vacuum cleaner genggam, juga dapat digunakan untuk membuat pembersihan cepat menjadi lebih menyenangkan.

4. Gunakan produk mengandung piretroid

Jika Anda memerlukan solusi pengendalian hama yang cepat, ada produk yang akan menghilangkannya.

Menurut Matt Smith dari Green Pest Management, hal terbaik untuk digunakan adalah produk berbahan dasar piretroid, karena ini adalah pestisida pembunuh kontak yang baik.

Cari bahan aktif yang berakhiran 'thrin' seperti permethrin, cypermethrin, cyhalothrin, bifenthrin, ungkap Tyler Hawkins dari Fox Pest Control.

Produk ini menawarkan residu yang panjang dan bekerja melawan biologi kelabang. Kelabang merawat diri secara teratur dan akan menelan produk begitu mereka mendapatkannya di tubuh mereka karena berjalan melalui area yang telah dirawat.

5. Gunakan aroma yang tidak disukai kelabang

Peppermint dan tea tree mengganggu jejak aroma hama, feromon, dan organ sensorik, dan mereka bahkan dapat membantu membunuh hama saat bersentuhan. Tak terkecuali kelabang, ujar Allan Bossel dari Michigan Bed Bug Specialists.

Namun, minyak esensial tidak memiliki kemampuan untuk mengusir hama dari rumah, juga tidak praktis untuk mencegah dan mengatasi serangan hama.

Cara terbaik untuk mengusir kelabang, dan banyak hama lainnya, adalah dengan membersihkan rumah, membuang sumber makanan, dan berkonsultasi dengan profesional, saran Bossel.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/08/113305076/5-cara-mencegah-kelabang-masuk-ke-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke