Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2023, 11:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Garasi dikenal sebagai salah satu ruangan yang panas lantaran berada di area depan rumah dan jarang memiliki jendela.

Tentu saja, tidak memiliki jendela di garasi dianggap sebagai masalah dalam menjaga suhu di dalam ruangan tetap nyaman selama cuaca panas. 

Baca juga: Jangan Simpan 8 Barang Ini di Loteng, Garasi, dan Ruang Bawah Tanah

Tanpa aliran udara yang cukup, sulit untuk mengerjakan proyek di garasi. Menjaga pintu garasi tetap terbuka menjadi solusi efektif mengurangi tingkat panas di dalam ruangan, tetapi ini hanya akan berhasil jika udara di luar tidak terlalu hangat.

Jika garasi tanpa jendela berada di bawah terik matahari musim panas sepanjang hari, Anda perlu menemukan beberapa cara yang dapat mendinginkan garasi.

Sangat penting mengurangi suhu di garasi dan mempertahankan suasana nyaman jika sering digunakan.

Nah, disadur dari Rhythm of the Home, Selasa (2/5/2023), berikut cara menyejukkan garasi tanpa jendela

Baca juga: Kamar Tidur di Atas Garasi adalah Feng Shui Buruk, Kenapa?

Jangan langsung memarkir mobil 

Ilustrasi garasi. SHUTTERSTOCK/STUDIOVIN Ilustrasi garasi.
Memarkir mobil di dalam garasi yang menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah terik matahari musim panas adalah ide buruk jika ingin menurunkan suhu garasi.

Namun, bukan ide baik meninggalkan mobil di luar rumah. Sebagai solusi, tunggu beberapa saat di lokasi yang teduh hingga mesin kendaraan yang panas menjadi dingin sebelum  memarkir mobil di garasi.

Memberikan mesin waktu untuk beristirahat dapat membantu mengurangi akumulasi panas yang dapat dengan cepat menyebar ke luar dan memenuhi ruang garasi.

Setiap ruang tertutup akan menjadi hangat oleh mobil yang baru saja dijalankan, terutama jika mobil tersebut menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bensin di Garasi, Bisa Pakai Pasir Kucing

Tambahkan insulasi yang lebih baik

Selanjutnya, cara menyejukkan garasi tanpa jendela adalah menambahkan insulasi yang lebih baik. Mengisolasi garasi dari panas yang menyengat di luar merupakan cara cerdas menjaganya tetap sejuk.

Ini adalah solusi bagus jika garasi tidak memiliki jendela atau metode ventilasi yang baik. Meningkatkan insulasi mungkin terdengar menantang, tetapi memiliki berbagai manfaatnya, membuatnya sepadan dengan usaha Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa insulasi hanya berguna pada musim dingin untuk melindungi ruangan dari hawa dingin. Padahal, insulasi juga efektif pada musim panas.

Idenya adalah mempersulit kondisi lingkungan di luar ruangan untuk mempengaruhi suhu di dalam garasi.

Sebagian besar pemilik rumah menyadari keuntungan dari insulasi yang tepat dan tidak perlu banyak diyakinkan untuk mempertimbangkannya. 

Baca juga: 8 Tips Merawat Pintu Garasi Dorong agar Tidak Macet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com