Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengecat Ulang Pintu Garasi agar Tampak Baru

Kompas.com - 12/09/2021, 08:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Eksterior rumah yang paling indah sekalipun bisa dikecewakan oleh pintu garasi yang lapuk dan warna cat mengelupas serta pudar. 

Sama dengan pintu depan rumah, kegunaan pintu garasi sebagai jalan untuk kendaraan dan orang keluar-masuk sekaligus keamanan. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Pintu Garasi

Karena itu, penting menjaga kebersihan dan mendekorasi pintu garasi secantik mungkin seperti pintu rumah. Pintu garasi yang bagus akan bertahan sampai beberapa dekade, bahkan mungkin seumur hidup.

Untungnya, untuk memperbarui tampilan pintu garasi cukup mudah serta cepat, paling lama sekitar satu pekan. Anda hanya cukup mengecatnya menggunakan dua lapis cat khusus pintu garasi. 

Kuncinya adalah semua dalam persiapan. Sangat penting untuk membuat dasar yang bersih dan halus agar warna cat baru dapat menempel. 

Baca juga: Kusen Jendela dan Pintu Berayap? 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

Melansir dari laman Homes to Love, Minggu (12/9/2021), berikut ini langkah-langkah mengecat ulang pintu garasi seperti seorang profesional. 

Alat dan bahan yang butuhkan 

  • Sikat kawat atau amplas
  • Keranjang
  • Detergen pencuci piring
  • Cat pintu garasi
  • Koran atau drop-sheet
  • Kuas cat 

Baca juga: Pentingnya Menutup Pintu Kamar Saat Tidur 

Cara mengecat ulang pintu garasi 

  • Ampelas pintu garasi 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengecat ulang pintu garasi adalah menghapus karat dan cat dengan cara mengampelasnya menggunakan sikat kawat atau ampelas kasar.

  • Bersihkan pintu

Dengan menggunakan air dan detergen cair, cuci pintu garasi secara menyeluruh untuk menghilangkan semua debu, minyak, dan kotoran. Ini dilakukan agar cat dapat menempel pada permukaan pintu, lalu bilas dengan air bersih. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Pintu Geser di Rumah

  • Letak koran

Letakkan koran di bawah pintu garasi dan area sekitar untuk menangkap kotoran serta supaya kotoran tidak menyebar ke area lain. 

  • Keringkan pintu garasi

Setelah itu, lap pintu garasi menggunakan kain kering yang bersih. Pastikan pintu garasi benar-benar kering sebelum mengecat. 

Baca juga: 8 Warna Pintu Rumah Pembawa Energi Positif Menurut Feng Shui

  • Cat pintu

Langkah terakhir adalah mulai mengecat ulang pintu garasi. Gunakan cat khusus untuk pintu garasi. Aplikasikan dua lapis cat untuk hasil terbaik.

Namun, aplikasikan lapisan cat kedua setelah 16 jam cat pertama. Setelah itu, tunggu cat kedua sampai benar-benar mengering. Bila sudah mengering, artinya pintu garasi sudah dicat ulang dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com