Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membersihkan Noda Membandel di Lantai Garasi

Kompas.com - 27/03/2022, 10:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Garasi seringkali menjadi tempat penyimpanan berbagai barang di rumah. Contohnya saja seperti kendaraan bermotor, sepeda, peralatan bengkel dan berkebun. Banyaknya barang membuat garasi rentan kotor akibat noda dari minyak rem maupun benda logam yang berkarat.

Melansir dari Oh So Spotless, Minggu (27/3/2022), untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu di garasi, sebaiknya bersihkan garasi secara menyeluruh dan rutin. Buang barang-barang yang tidak diperlukan agar garasi lebih lapang dan mudah dibersihkan.

Jika kamu menemukan noda-noda membandel di area lantai garasi segera bersihkan agar tidak menumpuk dan mengerak. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda pada lantai garasi.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Menyapu Lantai agar Efisien dan Bersih

Bahan alami yang mengandung asam

Salah satu noda yang seringkali ditemukan di lantai garasi adalah noda karat dari benda logam dari peralatan maupun sepeda. Untuk membersihkan jenis noda ini kamu bisa mengandalkan jus lemon dan cuka. Jus lemon dan cuka adalah dua produk asam yang bekerja efektif untuk menghilangkan noda.

Caranya dengan menuangkan jus lemon atau cuka langsung ke atas noda karat. Biarkan selama sekitar lima menit sebelum mengoleskan cairan pembersih. Gunakan sikat kaku untuk menggosok dan menghilangkan noda.

Jika noda masih sulit hilang, gunakan asam muriatic atau asam klorida, yaitu bahan kimia yang sangat asam. Gunakan sarung tangan dan masker sebelum menggunakan jenis bahan kimia ini. Untuk menggunakannya kamu bisa mencampurkan satu bagian asam muriatic dalam 10 bagian air.

Baca juga: Cara Tepat Mengepel Lantai dengan Karbol agar Efektif Membunuh Kuman

Deterjen bubuk

Ilustrasi deterjen.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen.

Selain bahan asam, kamu juga bisa menggunakan deterjen bubuk yang kamu miliki di rumah. Bahan yang kamu perlukan adalah sekotak deterjen, seember air hangat dan sikat.

Oleskan deterjen di permukaan dengan noda yang membandel lalu gosok dengan sikat yang sudah dicelupkan ke air hangat. Gosok dengan kuat dan agak ditekan agar noda segera terangkat. Siram area garasi agar tidak ada sisa deterjen yang tertinggal.

Baca juga: Mengenal Lantai Vinil dan Laminasi, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pasir kucing

Jika kamu memiliki kucing dirumah tentunya kamu juga memiliki persediaan pasir kucing. Pasir kucing bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda minyak atau oli yang menempel di lantai garasi.

Pasir kucing dapat menyerap dengan baik dan dapat membantu menghilangkan noda minyak tanpa perlu bahan kimia.

Namun sebaiknya gunakan pasir kucing yang berbahan dasar tanah liat. Letakkan pasir kucing secukupnya di atas noda lalu biarkan semalaman. Periksa noda keesokan harinya, lalu bersihkan pasir kucing dari lantai garasi.

Baca juga: 5 Cara Membuat Lantai Dapur Selalu Bersih dan Berkilau

Produk komersial

Jika semua cara gagal, kamu bisa mengandalkan produk komersial yang ada di pasaran. Pilih produk yang bisa menghilangkan noda minyak, lemak dan oli dari permukaan lantai beton. Selalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk memastikan kamu menggunakan produk dengan benar.

Beberapa produk memerlukan waktu kerja yang lama selama beberapa jam, sementara yang lain hanya memerlukan penggosokan dan pembilasan langsung.

Namun, untuk menghilangkan lemak dan minyak yang paling efektif adalah dengan membiarkannya sampai kering kemudian bilas dengan air.

Baca juga: 6 Tips Terbaik Menjaga Lantai Rumah Tetap Bersih dan Terawat

Menggunakan mesin grinding

Jika kamu berencana untuk melapisi lantai beton dengan cat epoxy, sebaiknya bersihkan permukaan lantai garasi dari cat lama dan noda. Kamu bisa menggunakan stripper kimia untuk menghilangkan sealer dan cat lama yang masih menempel.

Kamu juga bisa menggunakan pelarut untuk menghilangkan noda. Cara ini cukup cepat tetapi dapat memiliki asap yang kuat sehingga kamu harus menjaga pintu garasi tetap terbuka.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan alat grinding yang bisa kamu sewa. Pastikan untuk menggunakan masker dan kacamata agar terlindung dari debu.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com