Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Terbaik Menjaga Lantai Rumah Tetap Bersih dan Terawat

Kompas.com - 13/03/2022, 08:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai adalah salah satu bagian krusial dari sebuah rumah atau bangunan mana pun. Hal ini tak lain karena hampir semua kegiatan dilakukan di atas lantai.

Lantai tidak hanya membuat rumah tampak menarik dan bersih, tapi juga meningkatkan kualitas ruang hidup serta menjaga suasana rumah tetap positif. Karena itu, penting menjaga lantai tetap terlihat bagus. 

Nah, dilansir dari Roohome, Minggu (13/3/2022), berikut cara terbaik menjaga lantai rumah tetap bersih dan terawat baik. 

Baca juga: Mudah, Ini 3 Cara Membersihkan Bulu Anjing Peliharaan pada Lantai Kayu 

Ketahui jenis lantai 

Ilustrasi lantai vinyl.SHUTTERSTOCK / PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi lantai vinyl.
Untuk mengetahui bagaimana menjaga lantai rumah dalam kondisi prima, Anda harus mengenali jenis lantai yang dimiliki.

Menggunakan bahan kimia atau praktik pembersihan yang salah dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada lantai. 

Misalnya, lantai kayu keras memerlukan pembersihan dan perawatan berbeda dari lantai vinil atau ubin keramik. Karena itu, cari tahu cara membersihkan jenis lantai rumah yang Anda miliki. 

Baca juga: 4 Ide Memilih Lantai dan Dinding untuk Kamar Mandi Kecil 

Gunakan lebih sedikit bahan kimia

Pemilik rumah terkadang keliru bahwa menggunakan lebih banyak bahan kimia saat membersihkan lantai akan membersikan hasil yang lebih baik. Padahal, ini tidak benar.

Sebaliknya, lebih baik menggunakan lebih sedikit produk dan bahan kimia saat membersihkan lantai. Produk semacam itu dibuat untuk menyerap kotoran dan bahan kimia keras yang berlebihan dapat merusak lantai rumah.

Sebaiknya, menyapu lantai laminasi, lantai kayu, vinil lembaran, dan lantai vinil mewah secara teratur daripada membersihkan dengan bahan kimia. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Keramik Lantai Teras Rumah 

Membersihkan lantai secara rutin 

Ilustrasi membersihkan dapur, ilustrasi membersihkan lantai dapur.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan dapur, ilustrasi membersihkan lantai dapur.
Selain keteraturan, frekuensi juga menjadi prioritas. Pembersihan yang sering mencegah lantai dari akumulasi kotoran dan zat yang dapat merusaknya dalam jangka panjang.

Ini juga memungkinkan Anda menemukan kerusakan yang dapat diperbaiki pada tahap awal. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan masalah sebelum menjadi lebih buruk.

Selain itu, pembersihan yang sering sangat penting selama musim hujan. Air, lumpur, dan garam akan masuk ke rumah, yang akan mengotori lantai. Hal ini membuat Anda harus lebih berhati-hati dan rajin membersihkan lantai. 

Baca juga: 5 Pilihan Material yang Cocok untuk Lantai Carport 

Berhati-hatilah saat memindahkan objek

Memindahkan benda berat tanpa kehati-hatian dapat merusak semua jenis lantai. Untuk itu, perlu menggunakan dolly dengan ban lebar saat memindahkan furnitur atau benda berat lainnya demi mencegah kerusakan. 

Untuk lebih melindungi lantai, sebaiknya menempatkan selembar kayu lapis tipis atau papan keras serupa saat memindahkan benda. Angkat furnitur, bukan menggeser — karena menggeser furnitur pada lantai yang tidak terlindungi dapat menyebabkan kerusakan.  

Baca juga: Jangan Menyapu Lantai Saat AC Menyala, Ini Risikonya 

Gunakan pelindung lantai

Ilustrasi membersihkan lantai dengan robot vacuum cleaner. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan lantai dengan robot vacuum cleaner.
Jika memiliki furnitur berat di rumah, lindungi lantai menggunakan pelindung lantai untuk menopang furnitur tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com