BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Miliki Segudang Fitur Canggih, Ini Keuntungan Punya Smart AC

Kompas.com - 30/04/2023, 16:52 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Hotria Mariana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran smart air conditioner (AC) yang dapat terhubung dengan jaringan nirkabel seolah sudah menjadi kebutuhan di era modern seperti sekarang. Apalagi, perangkat tersebut juga menghadirkan segudang fitur canggih yang memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Salah satu keuntungan itu adalah pengoperasian perangkat yang cukup dilakukan lewat aplikasi pada smartphone.

Ambil contoh, saat Anda sedang dalam perjalanan pulang. Iklim Indonesia yang tropis membuat udara cenderung lembapsehingga tubuh pun kerap kegerahan. Dalam kondisi ini, Anda tentu mendambakan kesejukan begitu tiba di rumah.

Dengan smart AC, hal itu bisa didapat karena perangkat bisa dihidupkan dari mana saja lewat aplikasi, termasuk ketika Anda masih dalam perjalanan. Jadi, saat tiba di rumah, ruangan sudah dingin.

Kelebihan tersebut juga membuat pengguna tidak perlu khawatir jika suatu saat kehilangan remote AC karena perangkat masih bisa dinyalakan lewat smartphone.

Baca juga: Tips Memilih AC untuk Pengantin Baru

Supaya lebih jelas, berikut keuntungan lain ketika memiliki smart AC.

1. Kemudahan mengontrol AC

Seperti sudah dibahas sebelumnya, smart AC dapat terhubung dengan smartphone secara langsung melalui aplikasi.

Hal tersebut membuat pengguna dapat mengakses berbagai fitur pada AC dengan mudah, seperti pengaturan suhu, kecepatan kipas, mode pendinginan, serta waktu penggunaan dari jarak jauh. Dengan demikian, pengguna dapat mengatur AC dari mana dan kapan saja.

Kemudahan serupa juga bisa ditemukan pada AC Smart Neuva Pro dari Polytron. Smart AC ini memiliki fitur berbasis internet of things (IoT) yang bisa mengakses melalui aplikasi Smart Home. 

 

Berkat dukungan tersebut, pengguna dapat mengontrol semuanya hanya dalam satu aplikasi, termasuk memonitor daya listrik yang dikonsumsi perangkat. Selain itu, juga bisa memberikan notifikasi jika ada gangguan pada AC.

Khusus AC Smart Neuva Pro Polytron ½ PK, telah dibekali teknologi Soft Start 450 VA dengan sirkuit pengendali arus listrik. Teknologi ini membuat AC tidak menyedot daya besar saat dinyalakan sehingga Anda tidak perlu khawatir sakelar listrik turun. 

Baca juga: Ingin Isi Kulkas Terlihat Rapi dan Lapang? Terapkan 4 Tips Berikut

2. Efisiensi energi

Smart AC menawarkan efisiensi energi lebih baik ketimbang AC konvensional. Kemampuan ini berasal dari sensor pengukur suhu ruangan yang tertanam di dalamnya.

Sebagai contoh, fitur High Efficiency Cooling Engine pada AC Smart Neuva Pro. Fitur ini menjadikan pendinginan lebih cepat hingga 40 persen dari AC biasa.

AC Smart Neuva Pro Polytron dapat dikendalikan melalui aplikasi. DOK. Polytron. AC Smart Neuva Pro Polytron dapat dikendalikan melalui aplikasi.

Untuk diketahui, pendinginan akan semakin cepat seiring semakin tingginya angka British thermal unit per hour (BTU/h) atau BTU per jam pada AC.

Kemampuan itu juga terdapat pada AC Smart Neuva Pro Polytron. AC pintar ini dapat mendinginkan ruangan bersuhu 31 derajat Celsius menjadi 18 derajat Celsius dalam waktu 7 menit.

Hal tersebut akan berguna pada cuaca panas seperti saat ini. Fitur pendinginan yang lebih cepat sangat membantu Anda untuk mendapat kenyamanan dalam ruangan.

Baca juga: Tips Menyalakan dan Mematikan AC Tanpa Remote

3. Dapat mengetahui kondisi kesehatan AC

Smart AC dibekali sensor pemantau kondisi perangkat yang informasinya dapat diakses melalui aplikasi. Dengan demikian, pengguna bisa terus mengetahui kondisi AC, apalagi jika sudah digunakan bertahun-tahun.

Saat terjadi masalah, sensor tersebut akan mengirimkan notifikasi secara real-time sehingga pengguna dapat mengambil tindakan pencegahan lebih awal dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

Hal tersebut tidak ditemukan pada AC konvensional sehingga banyak penggunanya yang tidak tahu akan kondisi perangkat sebenarnya. Bahkan, tak jarang AC rusak secara mendadak tanpa diketahui pengguna.

Baca juga: Penyebab AC Bocor Freon yang Jarang Disadari

4. Memiliki filter udara canggih

Smart AC memiliki sudah dibekali fitur udara canggih yang dapat menangkap berbagai partikel kecil, seperti debu, serbuk sari, dan polutan lainnya. Selain dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, filter ini juga mampu mengurangi risiko masalah kesehatan, seperti alergi, asma, dan penyakit pernapasan.

Bahkan, beberapa smart AC juga dapat memiliki teknologi penghilang bakteri dan virus. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit melalui udara.

Untuk menghasilkan dan menjaga kebersihan udara di dalam ruangan, AC Smart Neuva Pro Polytron telah dibekali filter high-efficiency particulate air (HEPA) dan karbon.

Filter HEPA mampu mencegah penyebaran bakteri dan menyaring debu hingga 90 persen. Sementara itu, filter karbon dapat menghilangkan bau tidak sedap. Dengan begitu, udara di rumah menjadi lebih bersih.

Kondensor dan evaporator AC Smart Neuva Pro Polytron dilapisi dengan gold fin sehingga daya tahan kedua komponen ini terhadap korosi dan jamur lebih lama.

AC Smart Neuva Pro Polytron dari Polytron. DOK. Polytron. AC Smart Neuva Pro Polytron dari Polytron.

Itulah berbagai keuntungan memiliki smart AC. Semua kriteria tersebut juga terdapat pada AC Smart Neuva Pro dari Polytron. AC ini sudah dibekali dengan fitur dan teknologi canggih guna meningkatkan kualitas udara dan menunjang kenyaman pengguna.

Ketahanan tersebut didukung garansi servis AC selama 10 tahun untuk kompresor dan 3 tahun untuk spare part serta remote AC. Terdapat juga garansi servis 1x24 jam untuk area tertentu.

Tidak dapat dimungkiri lagi, Polytron selalu mengedepankan kualitas terbaik pada produknya, termasuk pada Smart Neuva Pro Series. Tak heran bila AC ini dapat tahan dalam jangka waktu lama.

Tunggu apa lagi? Untuk informasi lebih lanjut mengenai AC Smart Neuva Pro Series, silakan kunjungi laman resmi Polytron atau official store Polytron di e-commerce kesayangan Anda.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com