Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memanfaatkan Ruangan dengan Plafon Tinggi

Kompas.com - 29/04/2023, 09:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan dengan plafon tinggi memberikan banyak keuntungan, seperti membuat ruang lebih besar, tinggi, dan tampak mewah. 

Tak heran, plafon tinggi sering digunakan di rumah kecil untuk memaksimalkan ruangan serta menciptakan kesan tinggi.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Kipas Angin Plafon

Bahkan ruangan dengan plafon tinggi bisa memberikan lantai atas yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya ruang tambahan. 

Apabila Anda tertarik membuatnya, berikut cara memanfaatkan ruangan dengan plafon tinggi disadur dari Decor Tips, Sabtu (29/4/2023). 

Kamar tidur loteng

Ilustrasi kamar tidur di loteng.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur di loteng.
Loteng sering kali terdiri atas dua lantai di sebuah ruangan besar dengan plafon tinggi. Dengan membuat divisi ini, Anda memaksimalkan penggunaan ruang dan menghasilkan tampilan sangat istimewa.

Ketidaknyamanan kecil dari sebuah ruangan dengan plafon tinggi adalah membutuhkan tangga untuk dapat mengakses bagian atas.

Untuk alasan ini, disarankan menggunakan lantai atas sebagai kamar tidur karena ini adalah ruang rumah yang paling jarang digunakan orang pada siang hari.

Anda bisa menggunakan lantai dasar untuk ruang keluarga dan dapur, yang mungkin akan menjadi ruang terbuka karena ruang yang berkurang.

Selain itu, memasang kamar mandi di lantai pertama. Jika membutuhkan ruang kerja, disarankan menggunakan ruang di bawah tangga untuk tujuan ini. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Plafon yang Rusak akibat Kebocoran Air

Ruang tamu dengan plafon tinggi 

Selanjutnya, cara memanfaatkan ruangan dengan plafon tinggi adalah menjadikannya ruang tamu. Di rumah kecil, Anda bisa meletakkan kamar tidur di bagian bawah sehingga dapat menggunakan lantai atas untuk ruang tamu.

Selain itu, bisa memasang rak untuk perpustakaan pribadi dan mendekorasi seluruh area perpustakaan dengan kursi berlengan atau puff untuk duduk, membaca, beristirahat, dan melepaskan diri. 

Karpet adalah elemen dekoratif yang ideal untuk ruang ini dan memungkinkan Anda duduk di lantai, bahkan saat-saat terdingin sepanjang tahun. 

Baca juga: Catat, 5 Alasan Mengapa Harus Mengecat Plafon Rumah

Ruang bermain untuk anak-anak

Ilustrasi ruang keluarga dengan plafon tinggi. Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi ruang keluarga dengan plafon tinggi.

Lantai atas ruangan dengan plafon tinggi dapat berfungsi sebagai taman bermain untuk  anak-anak yang menyukai ketinggian.

Anda bisa membuat area bertingkat sehingga anak-anak bisa menikmati hal-hal berbeda saat menaiki tangga, bahkan memiliki perosotan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com