Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menggunakan Kulkas yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 15/04/2023, 18:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas memudahkan kita untuk menyimpan dan mengawetkan makanan dalam waktu lama menggunakan suhu rendah. Akan tetapi, ada beberapa persyaratan dalam menggunakan kulkas yang tidak boleh diabaikan.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan kulkas dengan benar, sehingga mencegah kerusakan alat. Sebab, menurut Departemen Energi AS, kulkas adalah peralatan dapur yang paling mahal untuk dijalankan.

Demi menjaga kulkas tetap dalam kondisi baik, berikut adalah beberapa kesalahan menggunakan kulkas yang harus dihindari, dikutip dari Eating Well, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kulkas yang Harus Dihindari

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

1. Mengisi kulkas terlalu penuh

Memiliki banyak makanan mungkin bukan hal terbaik jika menyangkut kulkas dan freezer. Agar tetap bekerja secara efisien dan menjaga agar makanan tetap dingin, Anda perlu menyisakan sedikit ruang di kulkas agar udara dapat bersirkulasi.

Tanpa itu, kulkas akan berjuang untuk menjaga agar makanan tetap dingin, sehingga makanan dapat lebih cepat rusak. Isi rak kulkas, tetapi hindari menumpuk bahan makanan terlalu banyak.

Anda harus dapat menjangkau bagian belakang kulkas dengan nyaman. Jika tidak, saatnya untuk menyingkirkan beberapa bahan makanan.

2. Tidak menutup pintu kulkas dengan benar

Pintu kulkas tidak seperti pintu lemari biasa. Pintu kulkas memiliki karet yang menyegel bodi saat ditutup untuk menahan udara dingin.

Baca juga: Jangan Letakkan 5 Bahan Makanan Ini di Rak Pintu Kulkas

Seringkali pintu kulkas bermagnet sehingga Anda merasa tertahan saat membukanya lagi. Masalahnya terletak pada saat Anda mengisi kulkas terlalu banyak atau terlalu banyak bahan makanan di rak pintu kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com