Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2023, 18:39 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan salah satu perabot penting yang digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan.

Bahan-bahan makanan di dalam kulkas sebaiknya ditata baik sehingga tetap teratur dan menghindari kemungkinan membusuk, yang akhirnya terbuang percuma.

Baca juga: Jangan Letakkan Kulkas di Dekat Jendela, Kenapa?

Jika sering merasa kesulitan mencari apa yang dibutuhkan di kulkas, mungkin terdapat kesalahan dalam menata bahan-bahan makanan yang disimpan. .

Dilansir dari The Spruce, Jumat (14/4/2023), berikut beberapa kesalahan menata kulkas.

Tidak menetapkan zona

Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur.
Tetapkan zona untuk semua makanan dan kelompokkan makanan-makanan tersebut. Misalnya, produk susu diletakkan di rak yang sama dan begitu juga daging atau produk-produk lainnya.

Dengan cara ini, Anda tahu ke mana harus mencari ketika membutuhkan sesuatu. Menggunakan beberapa wadah plastik terbuka adalah cara bagus menjaga zona kulkas tetap teratur dan mendorong Anda untuk tetap berpegang pada sistem yang dibuat.

Baca juga: Cara Mudah Menata Kulkas agar Tetap Rapi

Meletakkan makanan baru di bagian depan

Sepulang dari toko bahan makanan, jangan langsung meletakkan makanan baru di bagian depan, terutama jika memiliki bahan makanan lama yang masih harus dimakan.

Letakkan makanan dengan tanggal kedaluwarsa paling awal di bagian depan kulkas agar mudah mengambilnya terlebih dahulu. Hal ini juga membantu mengurangi pemborosan.

Menyimpan sisa makan dengan cara yang salah

Saat tidak dapat menghabiskan makanan dalam wadah styrofoam, jangan langsung memasukannya ke kulkas.

Pindahkan sisa makanan tersebut ke dalam wadah kaca atau plastik untuk menghindari timbulnya bau kulkas. Letakkan sisa makanan di rak paling atas agar mudah dilihat dan diambil untuk segera disantap.

Baca juga: Jangan Menyimpan Apel dan Stroberi Secara Bersamaan di Kulkas, Kenapa?

Menempatkan daging di rak paling atas

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas
Rak paling atas menjadi salah satu rak terhangat di kulkas. Selain itu, Anda harus membersihkannya dengan susah payah jika terjadi kebocoran.

Ditambah, semua makanan di bawahnya bisa rusak. Simpanlah daging di rak paling bawah yang lebih dingin dan minim risiko kebocoran.

Menyimpan susu di rak pintu

Pintu kulkas adalah tempat terhangat di seluruh kulkas, jadi simpan bahan makanan, seperti selai dan bumbu, di bagian tersebut. Menaruh botol susu di rak pintu kulkas dapat membuatnya cepat basi.

Baca juga: Jangan Letakkan 5 Bahan Makanan Ini di Rak Pintu Kulkas

Tidak menggunakan label

Menambahkan label pada semua makanan akan membantu Anda memantau berapa lama harus menghabiskan setiap makanan. Hal ini juga memastikan Anda tidak memakan maknan yang sudah basi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com