BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

4 Tips Penyimpanan Stok Bahan Makanan di Kulkas Selama Ramadhan

Kompas.com - 31/03/2023, 09:03 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ramadhan sudah tiba. Sahur dan buka puasa bersama keluarga menjadi momentum yang paling dinanti selama Ramadhan. Pada bulan ini, hidangan makanan biasanya sedikit berbeda ketimbang bulan-bulan lain.

Kurma, jajanan pasar, kolak, es buah, dan aneka gorengan yang jarang muncul di meja makan pada bulan biasa bakal menjadi hidangan langganan pada waktu berbuka puasa.

Penganan tersebut menemani menu utama yang disantap saat buka puasa, seperti sup ikan, ayam kecap mentega, capcay, cah kangkung, tahu dan tempe goreng, serta sayur bening bayam.

Mendekati Ramadhan, kalangan ibu umumnya juga sudah mulai berbelanja bahan makanan. Terlebih, santap sahur biasanya sudah harus disiapkan sejak malam hari. Dan tak jarang, banyak para ibu yang terkadang sudah membeli beberapa jenis bahan makanan sekaligus untuk stok di rumah.

Agar makanan tetap segar, ibu bisa melakukan empat tips menyimpan makanan di kulkas berikut.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini 4 Cara Tepat Bikin Hijab Tetap Terawat, meski Dicuci dengan Mesin

1. Pilah dan pisahkan jenis makanan

Hal yang perlu dilakukan untuk menyimpan aneka bahan makanan adalah dengan menerapkan food preparation yang biasa disebut food prep atau meal prep.

Dengan menerapkan metode tersebut, Anda bisa menghemat waktu dalam memasak lantaran sudah menentukan jenis menu yang hendak dihidangkan selama Ramadhan, baik saat buka puasa maupun sahur.

Menu pada meal prep bisa dibuat untuk tiga hari hingga sepekan. Berdasarkan menu harian yang sudah disusun, Anda bisa memilah jenis bahan makanan menggunakan wadah terpisah sebelum disimpan di dalam kulkas.

Sebagai contoh, bahan makanan, baik sayur, bumbu dapur, maupun daging, yang masih mentah sebaiknya disimpan dalam wadah terpisah dan ditutup rapat. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kehigienisan bahan makanan.

Dengan cara tersebut, bahan makanan bisa tetap awet dan tidak timbul bau yang bisa bercampur dengan bahan makanan lain.

Baca juga: Wajib Dicoba! 3 Tip Ini Bikin Pengalaman Nonton Konser Virtual Jadi Makin Berkesan

2. Simpan pada temperatur yang tepat

Agar makanan tetap awet, Anda perlu menyimpan bahan makanan dengan temperatur yang tepat di kulkas.

Dilansir dari laman Food and Drug Administration Amerika Serikat, Rabu (18/1/2023), suhu kulkas yang ideal untuk menyimpan bahan makanan adalah di bawah 4 derajat Celcius. Sementara, suhu freezer yang tepat untuk menyimpan daging dan ikan adalah minus 18 derajat Celcius.

Meski begitu, tidak semua kulkas dilengkapi dengan fitur pengukur suhu. Oleh karena itu, Anda perlu memantau suhu secara manual.

3. Bungkus makanan sesuai jenis dan karakteristik bahan makanan

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, cucilah terlebih dahulu bahan makanan yang sudah dibeli. Bahan-bahan makanan yang perlu dicuci adalah ikan, daging ayam, daging sapi, dan tahu.

Untuk bayam, kentang, wortel, kol, kangkung, lobak, dan bawang, Anda tidak perlu mencuci bahan makanan tersebut agar tidak mudah layu atau menyusut.

Baca juga: Tips Memilih AC untuk Pengantin Baru

Bahan yang sudah dicuci selanjutnya ditiriskan dan dikeringkan menggunakan tisu dapur. Setelah itu, disiangi atau potong menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan agar mudah diletakkan pada food container.

Setelah tahapan tersebut, hal yang tak kalah penting dilakukan adalah menyematkan label pada wadah dengan menuliskan nama bahan masakan dan tanggal penyimpanan agar mudah diklasifikasikan sesuai karakteristik bahan makanan. Cara ini juga memudahkan Anda untuk mencarinya saat makanan hendak diolah.

4. Terapkan metode first in, first out (FIFO)

Sistem first in first out (FIFO) juga dapat diterapkan dalam menata makanan di kulkas. Pada metode ini, bahan makanan yang masuk terlebih dahulu ke dalam kulkas akan dikeluarkan terlebih dahulu untuk diolah.

Sistem tersebut dapat meminimalkan sampah makanan yang bisa muncul karena menyimpan terlalu lama di kulkas. Sistem ini pun tepat digunakan untuk bahan makanan yang kurang bisa bertahan lama. Dengan kata lain, bila disimpan dalam waktu lama akan rusak atau berkurang kualitasnya.

Untuk memudahkan, masukkan bahan makanan belanjaan terdahulu di rak bagian depan. Sementara, bahan makanan terbaru ditaruh di rak bagian belakang. Dengan begitu, Anda bisa mengambil bahan makanan yang pertama masuk kulkas lebih mudah.

Itulah empat tips menyimpan makanan di kulkas untuk stok selama Ramadhan.

Baca juga: Speaker Polytron Audivo PHS 6A Memiliki Sistem Hi-Fi! Intip Yuk

Kulkas Polytron Belleza Jumbo hadir dengan pintu kaca yang dilengkapi dengan borderless curved edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan antikarat.Dok. Polytron Kulkas Polytron Belleza Jumbo hadir dengan pintu kaca yang dilengkapi dengan borderless curved edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan antikarat.

Selain tips di atas, Anda pun perlu memiliki kulkas berkualitas yang memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar. Salah satunya adalah  yang merupakan kulkas 2 pintu dengan kapasitas dan rak penyimpanan luas, yakni 260 liter dan kapasitas rak lebih lebar hingga 58cm.

Dengan ruang penyimpanan seluas itu, Anda bisa berbelanja makanan ataupun bahan baku makanan dalam jumlah yang banyak dalam sekali belanja sehingga hemat waktu dan biaya.

Dengan kapasitas tersebut, Anda pun dimudahkan dalam menata bahan makanan di kulkas. Tidak hanya itu, rak yang adjustable ini dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Dari segi desain, kulkas Polytron Belleza Jumbo hadir dengan pintu kaca yang dilengkapi dengan borderless round edge berbahan tempered glass door. Dengan begitu, Polytron Belleza Jumbo terlindung dari risiko benturan keras dan antikarat.

Guna mendukung tampilan desain yang menarik, kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX juga dibekali teknologi andal, yaitu fitur Deodorizer. Dengan fitur Deodorizer ini dapat membuat kulkas terbebas dari bau tidak sedap.

Baca juga: Bedah Kecanggihan Teknologi di Polytron Mini LED Quantum Smart TV 4K UHD 75 Inch, Serasa Boyong Bioskop ke Rumah

Selain dilengkapi fitur dan teknologi terbaru, Polytron juga memberikan garansi selama 5 tahun untuk setiap pembelian kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dan daya tahannya di kemudian hari.

Jika tertarik membeli Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX, Anda dapat mengunjungi situs resmi Polytron atau official store Polytron yang ada pada platform e-commerce.


Terkini Lainnya

Antipudar, Ini 8 Cara Mencuci Pakaian Hitam dengan Benar

Antipudar, Ini 8 Cara Mencuci Pakaian Hitam dengan Benar

Do it your self
4 Cara Menciptakan Ruang Kerja Minimalis

4 Cara Menciptakan Ruang Kerja Minimalis

Decor
5 Penyebab Kucing Menjilat Karpet

5 Penyebab Kucing Menjilat Karpet

Pets & Garden
7 Kesalahan Mengepel Lantai yang Harus Dihindari

7 Kesalahan Mengepel Lantai yang Harus Dihindari

Housing
8 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah

8 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah

Housing
8 Tanaman Sayur yang Cepat Panen, Bisa Hemat Pengeluaran

8 Tanaman Sayur yang Cepat Panen, Bisa Hemat Pengeluaran

Pets & Garden
5 Area Terlarang Meletakkan Tempah Sampah di Rumah

5 Area Terlarang Meletakkan Tempah Sampah di Rumah

Housing
Food Processor Vs Blender, Mana yang Harus Dibeli?

Food Processor Vs Blender, Mana yang Harus Dibeli?

Home Appliances
3 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Rumah

3 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Rumah

Housing
5 Ide Kamar Mandi Tradisional yang Menawan

5 Ide Kamar Mandi Tradisional yang Menawan

Decor
5 Ide Dapur Luar Ruangan yang Estetik dan Fungsional

5 Ide Dapur Luar Ruangan yang Estetik dan Fungsional

Decor
5 Cara Mengatur Tata Letak Ruangan Menurut Feng Shui

5 Cara Mengatur Tata Letak Ruangan Menurut Feng Shui

Housing
6 Ide Kamar Mandi Berwarna Pink, Bikin Ruangan Lebih Cantik

6 Ide Kamar Mandi Berwarna Pink, Bikin Ruangan Lebih Cantik

Decor
5 Tips Membasmi Hama Siput dari Kebun Sayur

5 Tips Membasmi Hama Siput dari Kebun Sayur

Pets & Garden
Kesalahan Mencuci Kain Mikrofiber yang Harus Dihindari

Kesalahan Mencuci Kain Mikrofiber yang Harus Dihindari

Do it your self
Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com