Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tata Letak Ruang Keluarga yang Harus Dihindari, Bikin Tak Menarik

Kompas.com - 25/03/2023, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga adalah ruangan yang sibuk dan multifungsi, digunakan untuk bersantai, bermain, hingga menjamu tamu. Oleh sebab itu, desain ruang keluarga harus praktis, fungsional, namun tetap bergaya.

Dikutip dari Homes & Gardens, Sabtu (25/3/2023), tata letak ruang keluarga yang tepat perlu memenuhi ukuran ruangan yang Anda pilih dengan sempurna, serta bekerja selaras dengan kebutuhan ruang.

Apakah Anda menggunakan ruang keluarga untuk menonton film dengan nyaman, atau hanya untuk membaca dan bersantai, tata letak yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam cara Anda menggunakan dan menikmati ruang tersebut.

Baca juga: 7 Cara Meletakkan Meja Kerja di Ruang Keluarga Tanpa Ganggu Pekerjaan

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga.

Berikut beberapa kesalahan tata letak ruang keluarga yang harus dihindari, sehingga Anda dapat merancang skema yang menyatu dengan ide ruang keluarga dan yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

1. Mengabaikan arus lalu lintas

Ruang keluarga sering menjadi salah satu area tersibuk dengan lalu lintas tinggi di rumah.

Dengan demikian, tata letak ruang keluarga harus memprioritaskan jalur yang jelas dan rasa pergerakan yang mulus di seluruh ruang.

Hindari menghalangi jalur alami atau pandangan yang menghalangi, yang dapat membuat ruang keluarga terasa tertutup dan tidak menarik, kata desainer interior Sonnaz Nooranvary.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Memilih Sofa untuk Ruang Keluarga Kecil

Menurut dia, terkadang butuh beberapa minggu untuk melihat bagaimana Anda menggunakan ruang secara alami, jadi terbukalah untuk memindahkan barang-barang jika Anda tidak melakukannya dengan benar di awal.

Pastikan untuk menyisakan ruang yang cukup di antara furnitur besar dan buat jalur yang jelas ke dalam ruangan yang dengan mudah membawa Anda ke area tempat duduk utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com