Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menata Rak Terbuka di Dapur agar Tampak Menarik

Kompas.com - 16/03/2023, 11:45 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Rak terbuka banyak menjadi pilihan untuk diletakkan di dapur. Selain sebagai ruang penyimpanan, rak terbuka dapat menjadi bagian dari dekorasi.

Rak terbuka memungkinkan Anda berkeasi menata barang yang ingin disimpan sekaligus dipajang. Namun, dengan banyaknya barang, menata rak dapur terbuka terkadang tidak mudah. 

Untuk membantu, dilansir dari Houzz, Kamis (16/3/2023), berikut cara menata rak terbuka di dapur agar rapi dan menarik.

Baca juga: Simak, Ini 4 Keuntungan Memiliki Rak Terbuka di Dapur

Kosongkan rak

Sebelum menata, kosongkan rak terbuka terlebih dahulu sehingga memudahkan menata barang. Jika terdapat cukup banyak barang, Anda dapat melakukannya sedikit demi sedikit dan jangan lupa membersihkannya.

Atur barang-barang yang digunakan setiap hari

Rak bagian bawah cocok untuk meletakkan barang-barang yang digunakan setiap hari seperti cangkir, piring, dan gelas. Jika tidak muat, singkirkan barang-barang yang digunakan sehari-hari di rak terbuka. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Rak Terbuka di Dapur Semakin Bergaya 

Jangan letakkan barang-barang berat di rak atas

Pikirkan dua kali sebelum meletakkan barang-barang besar dan berat ke bagian rak yang tinggi karena ini bisa berisiko ketika mengangkat dan menurunkannya. 

Meski kuat, rak terbuka pada umumnya tidak dimaksudkan untuk menahan beban sebanyak lemari biasa. 

Kelompokkan barang-barang

Setelah itu, kelompokkan barang-barang saat mengisi rak terbuka. Akan lebih mudah untuk memiliki semua barang yang diperlukan di satu tempat.

Misalnya, susun wadah kue, mangkuk pengaduk, dan piring kue pada rak di atas tempat Anda menyimpan mixer

Baca juga: Hindari, 7 Hal Ini Membuat Dapur Terlihat Murahan

Susun berdasarkan warna 

Perhatikan warna barang-barang, apakah terdapat warna-warna tertentu. Warna-warna dari buku masak, cangkir teh, kemasan makanan, serta buah-buahan bisa menjadi bagian dari skema warna yang disengaja. Anda bisa menyusuk barang berdasarkan warna. 

Tentukan apa yang ingin dipajang

Idealnya, Anda memiliki kombinasi rak terbuka dan lemari tertutup. Perlu diingat, tidak semua barang harus dipajang.

Anda dapat memiilh satu set peralatan makan dan gelas yang serasi. Singkirkan cangkir-cangkir yang tidak terpakai, peralatan dapur yang terlihat berantakan, hingga peralatan dengan kabel yang menjuntai, lalu simpan di dalam lemari.

Baca juga: Simak, Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rak Terbuka di Dapur

Tumpuk benda-benda kecil

Menumpuk benda-benda kecil dapat menjaga tampilan rak terbuka tetap menarik secara visual. Cangkir dan piring terlihat lebih menarik dalam tumpukan yang sedikit miring daripada dalam barisan teratur.

Tumpuk mangkuk di atas piring dan piring lebih kecil di atas piring besar. Tidak ada aturan baku dalam menata, sesuaikan apa yang terlihat tepat untuk Anda.

Fokus pada satu atau dua material

Terlalu banyak materiak, seperti kayu, keramik, kaca, dan logam, dalam satu susunan dapat membuat benda-benda terlihat berantakan.

Sebagai solusi, pilih satu atau dua material untuk tampilan rak terbuka yang ramping dan apik.

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar 

Gunakan wadah penyimpanan yang cantik

Anda dapat menggunakan wadah dekoratif, seperti stoples kaca, untuk menyimpan bahan makanan sehingga membuatnya tampak bagus berjejer di rak terbuka. 

Gunakan barang dekoratif secukupnya

Meski rak terbuka dapat menjadi tempat memberi sentuhan personal, sebaiknya jangan berlebihan. Misalnya, meletakkan beberapa tanaman dan benda dekoratif.

Aturan praktis adalah jika tidak dapat mencapai sesuatu yang dibutuhkan karena terhalang dekorasi, hal ini berarti penataan rak terbuka sudah berlebihan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com