Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab AC Bekerja Terus-menerus dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 16/03/2023, 07:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih menyenangkan menikmati rumah yang sejuk dan mendengar embusan angin dari AC saat hari-hari musim atau cuaca panas. 

Namun, jika suara AC tersebut tidak pernah berhenti, ini bisa menandakan unit mengalami masalah. Terkadang AC yang terus-menerus bekerja dapat menjadi tanda bahwa unit tidak bekerja seefisien yang seharusnya. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Mengeluarkan Angin Panas

Bagaimana sebenarnya cara kerja AC?

AC bekerja mengandalkan gas yang disebut refrigeran atau freon. Menyalakan AC akan mengaktifkan refrigeran yang bertanggung jawab mendinginkan rumah.

Selain refrigeran, ada tiga komponen lain yang membuat AC beroperasi, yakni kompresor eksternal, koil eksternal, dan koil evaporator internal.

Ketika menyalakan AC, kompresor eksternal akan mengeluarkan panas dari freon. Setelah dingin, freon AC akan ditarik ke koil evaporator.

Semua udara hangat di dalam rumah ditarik melewati koil tersebut, lalu didinginkan, dan setiap air yang ditarik dari udara dingin dikirim keluar rumah melalui tabung pembuangan AC. 

Namun, bila AC terus mengeluarkan suara, ini jelas bahwa unit mengalami sejumlah masalah. Untuk mengatasinya, Anda harus mencari tahu dulu penyebabnya.

Dikutip dari Angi, Kamis (16/3/2023), berikut sejumlah penyebab AC bekerja terus-menerus

Baca juga: Ingin Memasang AC di Dapur? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Ukuran AC

Ilustrasi AC.Shutterstock/New Africa Ilustrasi AC.

Jika AC tidak mendinginkan rumah, terus menerus menyala, dan tidak dapat merasakan udara sejuk yang keluar darinya, Anda mungkin memiliki unit AC yang terlalu kecil.

Konsultasikan dengan perusahaan HVAC lokal untuk membantu menemukan ukuran AC yang tepat untuk rumah berdasarkan luas ruangan dan jenis insulasi rumah Anda.

Ventilasi tertutup

AC Anda mungkin bekerja terus-menerus jika terlalu banyak ventilasi yang tertutup. Meski sangat intuitif untuk menutup ventilasi AC di ruangan yang tidak digunakan, terlalu banyak ventilasi yang tertutup dapat membuat udara dingin tidak dapat mengalir ke mana-mana.

Untungnya, ini adalah perbaikan cepat dan gratis. Anda cukup periksa setiap ruangan dan pastikan ventilasi terbuka. Jika ada yang terbuka, segera menutupnya. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini 6 Tanda AC Bermasalah

 

Ventilasi balik yang tersumbat

Selanjutnya, penyebab AC bekerja terus-menerus adalah ventilasi balik yang tersumbat. Ventilasi balik adalah kisi-kisi di rumah Anda yang digunakan untuk menyedot udara panas guna didinginkan.

Jika unit AC tidak dapat menarik udara yang cukup, kemungkinan besar unit akan bekerja keras saat mencoba melakukannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com