Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/02/2023, 12:32 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah kamu mencoba mematikan AC dengan menggunakan remote namun AC tetap saja mengeluarkan udara dingin? Bahkan pada beberapa kasus, AC justru mengeluarkan udara yang hangat meskipun sudah dimatikan.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab AC mengalami error pada sistem saat akan dimatikan. Diantaranya ialah masalah listrik atau filter yang kotor, kamu mungkin perlu memanggil teknisi untuk mengetahui lebih jauh masalah yang terdapat pada AC di rumah

Mengutip dari Williams Comfort Air, jika AC tidak mau mati, penyebabnya kemungkinan dari salah satu kategori berikut ini, berikut 7 penyebab AC tidak bisa dimatikan.

Baca juga: 5 Keunggulan Menggunakan AC Inverter di Rumah

Ilustrasi AC, pendingin ruangan, AC inverter. SHUTTERSTOCK/GMSTOCKSTUDIO Ilustrasi AC, pendingin ruangan, AC inverter.

1. Masalah listrik

Salah satu penyebab yang membuat AC tak bisa dimatikan adalah masalah listrik. AC memiliki sejumlah komponen listrik, saklar relai yang macet memungkinkan sirkuit listrik tetap tertutup sehingga terus-menerus memberikan daya ke AC.

Selain itu kontaktor kompresor dapat menyatu dalam posisi tertutup sehingga unit kompresor tetap bekerja dengan daya yang konstan. Sebaiknya segera atasi saklar yang bermasalah dengan memanggil teknisi atau menggantinya.

Baca juga: 6 Tips agar Rumah Tetap Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

2. Termostat rusak

Seiring waktu, kotoran dan debu dapat menumpuk di sensor termostat, sehingga ia tidak bisa membaca suhu ruangan secara akurat.

Untuk itu thermostat pada AC perlu diganti setiap 10 tahun. Penggantian ini juga mengganti kabel listrik yang dapat rusak dan membuat sambungan kabel mengendur, sehingga mengganggu thermostat dan AC.

Baca juga: 6 Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

3. Pengaturan termostat yang salah

Jika AC terus menyala namun hanya sistem kipasnya saja, kemungkinan kamu memilih pengaturan blower kipas ON.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com