Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 14:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan kelabang di rumah dapat membuat siapa pun terkejut. Pasalnya, kelabang memiliki tampilan yang cukup mengeringkan, yakni bertubuh pipih dan panjang serta memiliki banyak kaki.

Namun, kemunculan kelabang di rumah dapat menunjukkan adanya masalah hama di rumah seperti kecoak dan laba-laba. Kelabang muncul di rumah untuk memangsa hama serangga tersebut selain mencari tempat berlindung. 

Baca juga: Jangan Bunuh Kelabang yang Muncul di Dalam Rumah, Kenapa?

Akan tetapi, hewan dari keluarga Arthropoda ini tidak dapat menyebabkan kerusakan pada rumah seperti rayap. Meski demikian, keberadaan kelabang di rumah tetap saja membuat khawatir serta mengganggu.  

Sebab, kelabang memiliki sengatan berbisa yang dapat menyebabkan reaksi alergi parah dan pembengkakan lokal, mirip dengan sengatan lebah, serta dapat berlari cepat yang membuatnya sulit dibasmi. 

Kelabang umumnya suka tinggal di daerah hangat dan lembap. Di luar ruangan, kelabang suka berkumpul di kebun, di bawah tumpukan daun-daun mati, dan tumpukan kayu bakar.

Kelabang masuk ke rumah melalui celah-celah pada fondasi dan bukaan lainnya. Kemudian kelabang mencari are-area lembap di rumah seperti ruang bawah tanah, kamar mandi, bahkan tanaman dalam pot. 

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Dapat Membasmi Kelabang

Cara membasmi kelabang secara alami 

Ilustrasi kelabang. SHUTTERSTOCK/MR. AEKALAK CHIAMCHAROEN Ilustrasi kelabang.
Kehadiran kelabang tentu bukan hal yang diinginkan pemilik rumah, tetapi Anda tidak perlu menggunakan perawatan pembasmian yang keras untuk menyingkirkannya.

Dilansir dari Forbes, Rabu (18/1/2023), berikut beberapa cara membasmi kelabang dari rumah secara alami. 

  • Jalankan dehumidifier

Menghilangkan kelembapan dari rumah menjadi salah satu cara membasmi kelabang yang efektif dilakukan. Dengan hilangnya kelembapan dari rumah, ini membuat kelabang tidak tertarik untuk masuk. 

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Kelabang Muncul di Dalam Kamar Mandi

  • Tutup setiap retakan atau celah 

Periksa fondasi rumah serta celah atau retakan di sekitar pintu dan jendela. Tambahkan lebih banyak dempul atau sealant seperlunya untuk mencegah masuknya kelabang dan hama lainnya.

  • Semprotkan cuka 

Ilustrasi kelabang atau lipan. Shutterstock/bamgraphy Ilustrasi kelabang atau lipan.
Selanjutnya, cara membasmi kelabang adalah menggunakan cuka putih. Cuka adalah pembasmi serangga yang tidak beracun.

Anda bisa langsung menyemprotkan cuka tanpa perlu mengencerkannya untuk membamsi kelabang dari rumah. 

Baca juga: Cara Mengusir dan Mencegah Kelabang Masuk ke Rumah 

  • Semprotkan minyak pohon teh atau peppermint 

Minyak pohon teh atau peppermint dapat digunakan sebagai cara membasmi kelabang dari rumah. Campurkan sedikit minyak pohon teh atau peppermint dengan air, lalu semprotkan di sekitar celah-celah atau tempat lain yang pernah didatangi kelabang.

Minyak ini beracun untuk kelabang sehingga bisa membuatnya mati. Jika pengobatan alami ini tidak berhasil atau kelabang semakin banyak, hubungi pembasmi hama. Mungkin ada masalah hama lain di rumah yang mengundang kelabang lebih lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com