Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 12:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat membantu menghadirkan kehijauan dan rasa ketenangan, terutama di kamar tidur yang sering kali digunakan sebagai tempat berlindung untuk mengisi ulang energi. 

Tanaman hias dapat tumbuh subur di kamar tidur, baik yang mendapat cahaya alami maupun mengandalkan lampu untuk penerangan. 

Baca juga: Mudah, 3 Cara Memperbanyak Tanaman Lili Paris

Selain itu, tanaman tak hanya dapat mempercantik kamar tidur, tetapi juga memurnikan udara dari racun dan menghasilkan oksigen malam hari untuk menyegarkan ruangan serta membantu tidur lebih nyenyak.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (18/1/2023), berikut tanaman hias terbaik untuk kamar tidur, baik tanaman daun maupun bunga

Lili perdamaian 

Peace lily atau lili perdamaian (Spathiphyllum) adalah salah satu tanaman hias yang paling tahan lama dan populer untuk kamar tidur. 

Alasannya, tanaman ini memiliki daun yang mengkilap yang tumbuh subur dalam situasi cahaya tinggi atau rendah serta akarnya mentoleransi berbagai kebiasaan irigasi.

Bunga lili perdamaian tidak akan layu ketika membutuhkan penyiraman dan dengan cepat kembali mekar saat disiram. 

Jika kamar tidur memiliki jendela, menempatkan bunga lili damai di dekatnya akan meningkatkan produksi bunga putih yang bertahan selama berminggu-minggu.

Jika ruangan agak gelap dan bunga tampak tidak mungkin mekar, pilih varietas peaceful lily seperti 'Domino' dengan dedaunan beraneka ragam putih untuk mencerahkan lingkungan dengan cahaya redup. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Menyejukkan Rumah 

English ivy

Selanjutnya, tanaman hias terbaik untuk kamar tidur adalah English ivy. Sebagai tanaman luar ruangan, English ivy dapat berperilaku agresif dengan mengirimkan sulur-sulur yang menempel di atas bangunan dan batang pohon.

Namun, di kamar tidur, Anda dapat memanfaatkan kecenderungan penyebaran ivy dengan membiarkannya merambat melintasi teralis kecil, lingkaran, atau bentuk topiary untuk menciptakan karya seni yang hidup.

Tumbuh subur di semua situasi cahaya, tanaman merambat English ivy terlihat menarik di keranjang gantung atau diletakkan di atas meja samping.

Tanaman ini dapat tumbuh baik dengan sedikit penyiraman dan bertahan selama seminggu saat ditinggal berlibur. 

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Mandi, Bisa Mati

Lidah mertua 

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) adalah jenis tanaman hias yang kuat serta mampu memurnikan udara lebih baik daripada hampir semua tanaman hias lainnya.

Daun lidah mertua yang kasar dan bertali-tali telah beradaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi keras di Afrika Barat dengan kondisi tanah yang buruk dan hujan tidak teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com