Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2023, 20:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memasuki musim panas, penggunaan AC dan kipas angin menjadi lebih sering guna mendinginkan ruangan.

Namun, sebetulnya, ada cara murah dan ramah lingkungan untuk menjaga rumah tetap sejuk selama bulan-bulan musim panas, yakni menggunakan tanaman hias.  

Baca juga: 7 Pupuk Alami untuk Tanaman Hias yang Ditanam di Air

Dilansir dari House Beautiful, Selasa (17/1/2023), menurut Studi Ilmu Bumi NASA, tanaman dapat mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis.

Kanopi hutan menghasilkan transpirasi dalam jumlah besar yang meningkatkan uap air di atmosfer, yang akhirnya menyebabkan lebih banyak curah hujan dan sering kali memperkuat pendinginan dengan menghalangi sinar matahari.

Transpirasi terjadi ketika atmosfer memanas dan tanaman akan sering melepaskan kelebihan air dari daunnya ke udara. Dengan melepaskan air yang menguap, tanaman mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya.

Dengan menggunakan penelitian ini, Thejoyofplants.co.uk membagikan tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah saat musim panas seperti berikut.  

Baca juga: 7 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Perayaan Imlek

Ficus benjamina

Ilustrasi rubber plant atau tanaman karet (Ficus elastica). SHUTTERSTOCK/ELENA-GRISHINA Ilustrasi rubber plant atau tanaman karet (Ficus elastica).
Salah satu dari sedikit pohon yang tumbuh baik di dalam ruangan, ficus benjamina membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap lembap dan sejuk, memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan dari panas bagi mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Pilih tanaman yang berbatang tinggi dengan bagian atas lebat untuk berfungsi sebagai kanopi hutan kecil bagi tanaman lain di bawah atau di sekitarnya.

Dengan mengelompokkan tumbuhan bersama-sama, bisa menciptakan ekosistem atmosfer kecil mereka sendiri yang meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

Pastikan menyiram tanaman secara teratur selama bulan-bulan musim panas dan posisikan ficus benjamina dalam cahaya sedang agar dapat menyerap sinar matahari.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Ampuh Memurnikan Udara di Rumah

Ficus elastica (tanaman karet)

Meningkatkan kelembapan di dalam ruangan akan memberikan efek pendinginan dan tanaman ficu elastica sangat efektif mengisi kembali kelembapan di udara.

Semakin banyak dedaunan yang dimiliki tanaman dan semakin besar daunnya, semakin banyak uap air yang dilepaskan kembali ke udara.

Tumbuhan ficus elastica akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun atau pelepahnya.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Setiap Ruangan

Aglaonema

Ilustrasi tanaman hias aglaonema silver queen. SHUTTERSTOCK/LJA_LJA Ilustrasi tanaman hias aglaonema silver queen.
Selanjutnya, tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah adalah aglaonema. Tanaman hias ini juga mampu memurnikan racun di udara dan  memiliki tingkat transpirasi yang tinggi yang membantu melembapkan udara di sekitarnya.

Tersedia dalam banyak varietas menarik, beberapa aglaonema memiliki dedaunan yang cukup beraneka ragam. Tanaman ini juga perawatannya rendah dengan sedikit air dan cahaya. 

Palem

Daun hijau palem seperti palem Areca, palem pakis, Livistona, palem Fishtail, dan palem Lady, menampilkan stoma kecil yang menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Semakin besar permukaan daun, semakin banyak oksigen yang dapat dihasilkan.

Susunan pohon palem tidak hanya indah dilihat, tetapi juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan mini sehingga bisa memberikan nuans tropis di rumah selama bulan-bulan musim panas.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menarik Keberuntungan di Rumah

Lidah mertua

Sama dengan lidah buaya, lidah mertua, yang juga dikenal snake plant, memiliki kandungan air yang tinggi sehingga saat bertranspirasi akan mengeluarkan uap air dingin yang menguap ke udara.

Lidah mertua juga mengeluarkan oksigen yang membuat Anda tetap sejuk selama malam musim panas. Sukulen yang mencolok ini juga dikena menghilangkan racun dari udara seperti benzena dan formaldehida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com