Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 08:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lili paris atau tanaman laba-laba alias spider plant (Chlorophytum comosum) adalah tanaman hias populer karena mudah dirawat. Selain itu, lili paris juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara.

Memperbanyak tanaman lili paris bermanfaat karena mudah dan praktis tidak memerlukan biaya apa pun dengan menggunakan stek untuk membuat tanaman baru. Anda dapat membuat tanaman yang tak terhitung jumlahnya untuk diri sendiri atau hadiah.

Tanaman lili paris digemari karena dedaunannya yang hijau atau beraneka ragam, potensi kemampuannya untuk membersihkan udara, dan kemudahan perawatan.

Baca juga: 4 Manfaat Tanaman Lili Paris di Rumah dan Cara Merawatnya

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/TYNZA Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.

Tanaman ini hanya membutuhkan tanah yang menyerap air dengan baik, cahaya tidak langsung, dan penyiraman sedang untuk berkembang dan menghasilkan bayi tanaman yang disebut spiderette.

Jika tanaman induk memiliki bayi tanaman, Anda dapat melepaskannya dari stolon (batang panjang tempat bayi tumbuh) dan membasmi bayinya.

Potong bayinya, potong sedekat mungkin dengan tanaman lili paris, singkirkan stolon yang menguning dan tidak menarik.

Selanjutnya, sebarkan dalam air atau tanam langsung di tanah dengan ujung yang dipotong menghadap ke bawah. Jika diperbanyak dalam air, akar akan terbentuk dalam waktu tujuh sampai 10 hari.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Buaya dengan Stek Daun

Menggunakan metode tanah mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tetapi akarnya akan lebih kuat.

Jika tanaman lili paris tidak menghasilkan bayi laba-laba, tanaman aslinya mungkin perlu waktu lebih lama untuk matang, potnya terlalu besar, menyebabkan tanaman berkonsentrasi pada produksi akar dan bukan reproduksi, atau tanaman mendapatkan terlalu banyak cahaya.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com