Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Menyimpan Keju di Kulkas agar Tahan Lama

Kompas.com - 20/12/2022, 09:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan makanan lainnya, keju juga harus disimpan dengan benar agar tahan lama. Namun, tak sembarang meletakkan, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menyimpannya, karena salah menyimpan akan membuatnya cepat basi.

Dilansir Real Simple, Selasa (20/12/2022), kantong atau wadah penyimpanan yang rapat dapat digunakan, namun ini bukan solusi yang ideal untuk penyimpanan keju tersebut.

Cara terbaik untuk membungkus sisa makanan bergantung pada jenisnya, kemudian simpan semua jenis keju di rak sayuran kulkas, yang suhunya dingin dan stabil. Gunakan bungkus plastik baru atau kertas lilin untuk membungkus kembali keju setelah digunakan.

Baca juga: Berapa Suhu Kulkas yang Ideal dan Bagaimana Cara Mengaturnya?

Ilustrasi menyimpan keju di kulkas. SHUTTERSTOCK/MALIFLOWER73 Ilustrasi menyimpan keju di kulkas.

Lamanya waktu Anda bisa menyimpan keju berbeda-beda menurut jenisnya. Secara umum, semakin keras kejunya, semakin lama daya tahannya.

Sementara itu, dilansir The Gurdian, Patricia Michelson dari La Fromagerie di London menjelaskan cara menyimpan keju di kulkas.

Ia mengatakan, selalu bungkus keju dua kali, dalam kertas lilin atau kertas roti, idealnya dan taruh di wadah plastik yang dilapisi dengan handuk dapur atau kain yang dibasahi.

Kemudian tepuk tutupnya dan taruh di bagian atas kulkas di situlah suhu biasanya paling konstan, kecuali jika Anda memiliki kompartemen freezer di atasnya dan itu akan disimpan lebih lama.

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Roti di Kulkas?

Selanjutnya, ia mengatakan suhu kulkas harus berada di sekitar 5 hingga 6 derajat celcius agar keju tidak mudah rusak. Pembersihan yang tepat juga dapat membuat bahan makanan di dalamnya lebih bertahan lama, termasuk keju.

Cara menyimpan keju berdasarkan jenisnya

Tidak semua jenis keju sama, mereka harus diperlakukan sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com