Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Essential Oil yang Bantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Kompas.com - 15/12/2022, 17:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak atsiri atau minyak esensial atau essential oil adalah minyak yang berasal dari daun, kulit kayu, batang, dan bunga tanaman melalui penyulingan uap atau air. Essential oil membantu melindungi tanaman dari predator, jamur, dan bakteri.

Selain itu, essential oil juga menarik serangga untuk penyerbukan. Untuk manusia, essential oil dapat membantu membunuh kuman, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan.

Dikutip dari Healthline, Kamis (15/12/2022), sakit tenggorokan adalah kondisi menyakitkan yang sering membuat sulit menelan. Biasanya sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek atau flu, atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan.

Baca juga: 10 Essential Oil yang Bisa Meredakan Kecemasan

Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri.

Tidak banyak penelitian tentang penggunaan essential oil secara medis. Namun, penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa essential oil dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa essential oil harus dihirup atau diencerkan dalam minyak dan dioleskan ke kulit. Saat diencerkan dalam minyak, minyak esensial juga bisa ditambahkan ke bak mandi.

Menelan essential oil tidak dianjurkan, karena beberapa beracun.

Berikut beberapa essential oil yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Baca juga: 5 Essential Oil Ini Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

1. Thyme

Menurut sebuah studi pada tahun 2011, minyak esensial thyme memiliki kemampuan antibakteri yang kuat melawan jenis bakteri umum yang kebal antibiotik. Thyme juga mengurangi kejang otot, sehingga dapat mencegah batuk, yang terkadang menyebabkan sakit tenggorokan.

2. Lavender

Lavender dikenal karena efek relaksasinya. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa minyak esensial lavender juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com