Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Essential Oil yang Bisa Meredakan Kecemasan

Kompas.com - 12/09/2022, 08:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak esensial atau essential oil adalah adalah zat aromatik yang dapat diekstraksi dari tanaman menggunakan distilasi. Selain digunakan sebagai wewangian untuk berbagai produk konsumen, beberapa essential oil dapat digunakan untuk berbagai aplikasi kesehatan.

Dilansir Healthline, Senin (12/9/2022), saat essential oil digunakan untuk meningkatkan kesehatan, maka disebut sebagai aromaterapi.

Beberapa kemungkinan penggunaan essential oil dalam aromaterapi termasuk seperti mengelola rasa sakit, membantu pencernaan, dan mengurangi stres dan kecemasan.

Baca juga: 5 Essential Oil Ini Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri.

Sementara bukti ilmiah untuk banyak dari kegunaan ini masih kurang, penelitian sedang berlangsung untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat essential oil.

Cara kerja essential oil

Salah satu teori tentang bagaimana aromaterapi bekerja adalah bahwa essential oil dapat merangsang reseptor bau di hidung, yang kemudian mengirimkan pesan ke sistem saraf Anda.

Ada juga yang meyakini bahwa essential oil dapat memiliki efek halus pada sistem kimia dan energi tubuh.

Oleh sebab itu, aromaterapi sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu meredakan kecemasan dan stres. Aplikasi topikal dan inhalasi adalah beberapa cara umum essential oil dapat digunakan untuk aromaterapi.

Baca juga: 5 Essential Oil yang Bisa Dijadikan Produk Pembersih Rumah

Berikut beberapa essential oil yang bisa meredakan kecemasan.

1. Valerian

Valerian adalah ramuan yang telah digunakan sejak zaman kuno. Essential oil Valerian berasal dari akar tanaman dan memiliki aroma berani yang dapat digambarkan sebagai kayu, atau musky.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com