Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aroma Minyak Esensial yang Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 06/06/2022, 20:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan minyak esensial (essential oil) sebelum tidur dapat memberikan ketenangan sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak. 

Tak heran, banyak orang saat ini memiliki diffuser minyak esensial dengan wangi yang disukai untuk mengharumkan ruangan.

Baca juga: 7 Essential Oil yang Dapat Membantu Meredakan Batuk

Bahkan, ada pula yang menyemprotkan atau mengoleskan minyak esensial ke bantal agar memudahknya menghirupnya. 

Dikutip dari Mind Body Green, Senin (6/6/2022), sebuah studi bertajuk “A Systematic Review of the Effect of Inhaled Essential Oils on Sleep”, dalam National Library of Medicine, National Center for Biotechnology Information, mengungkapkan aroma tertentu dapat mengirim sinyal cepat ke otak bahwa sudah waktunya tubuh untuk bersantai.

Nah, berikut aroma minyak esensial yang bisa membantu tubuh lebih santai dan tidur lebih nyenyak. 

Baca juga: 6 Minyak Esensial yang Bisa Dipakai untuk Membersihkan Rumah 

Lavender

Ilustrasi essential oil lavender.PIXABAY/GOOGLERANKFASTER Ilustrasi essential oil lavender.

Ahli minyak esensial dan founder Osmia, Sarah Villafranco, mengatakan minyak esensial lavender merupakan pilihan yang paling banyak dipelajari untuk relaksasi.

“Sebagian besar penelitian dilakukan secara kecil-kecilan, tetapi buktinya cukup kuat bahwa lavender dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres,” jelas Villafranco.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pembasmi Semut Alami Pakai Essential Oil

Aroma lavender dapat meningkatkan kualitas tidur pada mahasiswa, wanita pascamenopause, dan mereka yang berada dalam skenario klinis tertentu.

Sementara untuk mengurangi stres, hal ini terjadi secara subyektif perihal kecemasan dan secara obyektif perihal tekanan darah dan detak jantung.

Vice President of Scientific Affairs untuk Mind Body Green, Ashley Jordan Ferira, menambahkan, sains menunjukkan bahwa bioaktif linalool pada lavender memberi manfaat neuroprotektif melalui reseptor serotonin di otak. 

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Aroma Lavender Menurut Feng Shui

Ilustrasi essential oil, minyak esensial. FREEPIK/MASTER1305 Ilustrasi essential oil, minyak esensial.

Bergamot

Amy Galper, aromaterapis tersertifikasi dan founder Aromatherapy School, mengatakan jeruk bergamot (Citrus bergamia) juga bisa membantu tidur.

Hal ini terjadi karena kemampuan aroma bergamot untuk memulai respons relaksasi, bahkan selama masa-masa stres. 

Dalam sebuah riset pada 2017, orang-orang yang mencium wangi bergamot di ruang tunggu sebelum janji temu merasa lebih tenang dan positif daripada mereka yang tidak menciumnya.

Baca juga: Ingin Membeli Diffuser Essential Oil? Perhatikan 9 Hal Ini Dulu

Clary sage

Clary sage (Salvia sclarea) adalah wangi minyak esensial lain yang dapat membantu tidur nyenyak. Villafranco menambahkan, aroma ini juga membantu meningkatkan kadar kortisol atau hormon stres yang sehat.

Tangerine

Tangerine (Citrus tangerina) jarang dikaitkan dengan waktu tidur karena memiliki warna yang cerah.

Namun, wangi minyak esensial tangerine dalam dosis kecil dapat membantu tidur lebih nyenyak. Tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial tangerine ke diffuser untuk dihirup sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com