Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2022, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama yang kehadirannya mengganggu di rumah. Semut bisa menyerang makanan, air, dan berbagai benda lainnya di dalam rumah Anda.

Ada berbagai produk pengusir semut yang dijual di pasaran. Akan tetapi, tidak jarang produk pembasmi semut tersebut memiliki bau yang menyengat dan bahan kimia yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan.

Oleh sebab itu, masuk akal jika menggunakan bahan alami untuk membasmi semut di rumah.

Baca juga: Buat Tanaman Bebas Semut dengan Ragam Pestisida Sederhana ini

Ilustrasi essential oil.PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil.

Dikutip dari Good Housekeeping, Rabu (23/2/2022), ahli aromaterapi bersertifikat dan manajer produk di Mountain Rose Herbs Christine Rice mengembangkan produk semprotan semut buatan sendiri yang dibuat dari bahan alternatif yang ramah lingkungan dan tidak beracun.

Minyak esensial atau essential oil, khususnya minyak peppermint, cengkih, dan jeruk adalah pestisida alami yang dapat membasmi semut.

Minyak jeruk mengandung d-limonene yang beracun bagi semut dan menghapus jejak kimia yang ditinggalkan semut untuk memberi sinyal pada sesamanya.

“Minyak jeruk manis memiliki salah satu kandungan limonene tertinggi dari minyak jeruk yang diperas dingin dengan kisaran 80-95 persen, diikuti oleh jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan mandarin,” kata Rice.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut di Rumah

Adapun kekuatan cengkeh melawan serangga berasal dari eugenol, senyawa aktif cengkeh yang bertindak sebagai racun semut dan pengusir nyamuk.

Aroma segar mint peppermint berfungsi sebagai insektisida alami yang mengusir semut, dan juga menutupi jejak aroma yang ditinggalkan semut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com