Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menyimpan Dendeng Sapi agar Tahan Lama hingga Berbulan-bulan

Kompas.com - 09/11/2022, 15:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mempercepat penyajian makanan adalah menstok lauk siap masak seperti dendeng sapi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu menghabiskan cukup banyak waktu mempersiapkan bahan makanan yang akan diolah. Cukup menyiapkan bumbu pelengkapnya saja.

Baca juga: Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

Untuk memastikan stok makanan selalu dalam keadaan segar sebelum diolah, biasanya orang-orang menyimpannya terlebih dulu di kulkas atau freezer.

Namun, bagaimana dengan dendeng sapi? Apakah juga perlu disimpan dalam kulkas atau freezer?

Dilansir dari Make That Jerky, Rabu (9/11/2022), berikut beberapa cara menyimpan dendeng sapi agar tahan lama hingga berbulan-bulan. 

Penyimpanan jangka pendek

Ilustrasi dendeng balado. SHUTTERSTOCK/Michaelnero Ilustrasi dendeng balado.
Jika ingin menyimpan dendeng sapi dalam jangka pendek, cukup menyimpannya dalam kantong ziplock saja.

Dendeng sapi bisa bertahan dalam kondisi baik selama tiga hingga empat minggu atau lebih. Apabila dendeng terasa agak lembap, letakkan silica gel food ke dalam kantong.

Baca juga: 3 Cara Aman Mencairkan Daging Giling Beku

Penyimpanan jangka panjang

  • Stoples kaca

Apabila ingin menyimpan dendeng sapi untuk jangka panjang, memasukkannya ke stoples kaca dengan metode dry canning. Metode penyimpanan ini dapat membuat dendeng sapi bertahan hingga berbulan-bulan.

Caranya, mengatur oven ke suhu 176 derajat Celsius, lalu lepaskan tutup stoples dan letakkan stoples di atas loyang kue.

Setelah itu, masukkan stoples ke oven sekitar 10 menit, kemudian keluarkan stoples dan masukkan potongan dendeng ke dalamnya. 

Pasang kembali tutup stoples dan biarkan dendeng sapi mendingin pada suhu ruangan. Saat stoples dingin, mereka akan menciptakan segel vakum sambil mengeluarkan suara seperti letupan.

Baca juga: Amankah Memotong Daging Mentah di Talenan Kayu?

  • Vacuum seal

Jika tidak ingin ribet atau tidak memiliki stoples kaca, gunakan kantong plastik jenis vacuum seal yang akan menekan dendeng sapi.

Jenis kantong plastik tersebut memungkinkan menjaga udara tetap di luar dan membuat dendeng sapi tidak terlalu kering.

Penyimpanan dengan vacuum seal bisa membuat dendeng sapi bertahan hingga 12 bulan atau lebih jika ditaruh dalam freezer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com