Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 17:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Terminix

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu serangga yang paling sering terlihat di rumah adalah semut. Mereka bisa muncul di ruangan mana saja yang memiliki celah.

Meski sebuah ruangan tidak memiliki residu makanan atau tumpahan minuman, mungkin kamu tetap melihat satu atau dua semut sedang berjalan-jalan di lantai atau di dinding.

Baca juga: Cara Membasmi Semut di Pohon dengan Bahan-bahan Alami

Kehadiran semut memang tidak terlalu memengaruhi kebersihan rumah, tetapi tidak semua orang senang melihatnya.

Walhasil, berbagai cara pun akan digunakan untuk mengusir kehadiran semut. Ada satu cara yang mengatakan bahwa semut bisa dibasmi dengan boraks. Namun, benarkah demikian?

Boraks untuk membasmi semut

Ilustrasi semut.UNSPLASH/AMIT TALWAR Ilustrasi semut.

Disadur dari Terminix, Sabtu (29/10/2022), boraks bercaun bagi semut. Ketika semut menelannya, boraks mengganggu sistem pencernaan, sehingga berujung pada kematian.

Akan tetapi, semut tidak akan langsung mati. Sebab, boraks bekerja cukup lambat untuk memungkinkan semut pekerja membawa boraks kembali ke koloni—tempat semut lain menelannya dan mati.

Baca juga: 13 Bahan di Dapur yang Ampuh Mengusir Semut, Garam hingga Cuka

Lebih lanjut, semut tidak memakan boraks. Untuk menggunakannya, boraks perlu dicampur dengan sesuatu yang disukai oleh semut, misalnya gula dan air.

Selain itu, caramu mencampur boraks pun perlu diperhatikan. Jika salah mencampurnya, semut tidak akan mati karena kemungkinan besar mereka tidak akan memakannya.

Kamu pun perlu memerhatikan penempatan boraks yang telah dicampur agar semut bisa mencapainya, tetapi hewan peliharaan yang mungkin dimiliki tidak dapat mengaksesnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com