Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Kompas.com - 12/10/2022, 19:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, kamar tidur adalah salah satu area terpenting di rumah karena merupakan bagian paling pribadi dan itu mewakili Anda.

Feng shui sangat memperhatikan bagaimana tempat tidur diposisikan di kamar tidur karena beberapa alasan. 

Baca juga: 6 Warna Terbaik untuk Kamar Tidur, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Pertama, menjadi tempat Anda menghabiskan banyak waktu selama hidup sehingga perlu memastikan energi di ruangan ini mendukung.

Kedua, posisi tempat tidur mempengaruhi cara Anda tidur di tingkat bawah sadar dan beristirahat. Ini membuat perbedaan besar dalam cara hidup serta seberapa produktif Anda pada siang hari.

Karena itu, meletakkan tempat tidur tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meletakkan posisi tempat tidur. 

Dilansir dari The Spruce, Rabu (12/10/2022), berikut beberapa lokasi terbaik meletakkan tempat tidur beserta artinya.  

Baca juga: Cara Menata Kamar Tidur Menurut Feng Shui untuk Maksimalkan Energi

Posisi komando terbaik

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.
Lokasi ideal untuk tempat tidur adalah posisi memerintah. Artinya, Anda dapat melihat pintu kamar tidur saat berada di tempat tidur tanpa langsung sejajar dengan pintu. 

Posisi ini memungkinka melihat apa yang datang, baik secara harfiah maupun metaforis, sehingga dapat memanfaatkan setiap peluang yang muncul serta membuat Anda merasa terkendali dan nyaman.

Meletakkan tempat tidur dalam posisi komando berarti Anda dapat mengatasi masalah hidup dengan lebih mudah. 

Baca juga: 5 Jenis Tempat Tidur yang Cocok untuk Kamar Tidur Kecil  

Bagaimana bila tempat tidur disandarkan ke dinding?

Dalam feng shui, kepala tempat tidur paling baik jika disandarkan pada dinding. Namun, tidak disarankan jika tiga sisi tempat tidur lainnya (kiri, kanan, dan kaki tempat tidur) menempel pada dinding.

Misalnya, jika tempat tidur diatur dengan satu sisi menghadap ke dinding, hal itu bisa membuat sisi tersebut lebih sulit diakses serta menciptakan feng shui yang sulit.

Memiliki ruang terbuka di sisi kiri dan kanan tempat tidur memungkinkan qi (energi) mengalir secara merata di sekitar Anda. 

Baca juga: Hindari Meletakkan Cermin di Seberang Tempat Tidur, Ini Alasannya

Jika ada dinding di satu sisi tempat tidur, qi tidak dipupuk dari kedua sisi. Ini berarti Anda menutup satu sisi energi karena masing-masing memiliki sisi Yin dan sisi Yang yang harus selaras satu sama lain.

Artinya, Anda tidak boleh memiliki terlalu banyak Yin atau Yang. Sangat penting memelihara dan mengekspresikan kedua sisi diri. 

Tempat tidur yang menempel pada dinding bisa sangat menantang jika Anda mencari pasangan. Ketika calon pasangan tidak bisa mengakses ke sisi tempat tidur mereka, ini mengirimkan pesan energik bahwa Anda tidak memiliki ruang dalam hidup untuk orang lain. 

Baca juga: Mengapa Tempat Tidur Tidak Boleh Diletakkan di Bawah Jendela?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com