Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Feng shui sangat memperhatikan bagaimana tempat tidur diposisikan di kamar tidur karena beberapa alasan. 

Pertama, menjadi tempat Anda menghabiskan banyak waktu selama hidup sehingga perlu memastikan energi di ruangan ini mendukung.

Kedua, posisi tempat tidur mempengaruhi cara Anda tidur di tingkat bawah sadar dan beristirahat. Ini membuat perbedaan besar dalam cara hidup serta seberapa produktif Anda pada siang hari.

Karena itu, meletakkan tempat tidur tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meletakkan posisi tempat tidur. 

Dilansir dari The Spruce, Rabu (12/10/2022), berikut beberapa lokasi terbaik meletakkan tempat tidur beserta artinya.  

Posisi ini memungkinka melihat apa yang datang, baik secara harfiah maupun metaforis, sehingga dapat memanfaatkan setiap peluang yang muncul serta membuat Anda merasa terkendali dan nyaman.

Meletakkan tempat tidur dalam posisi komando berarti Anda dapat mengatasi masalah hidup dengan lebih mudah. 

Bagaimana bila tempat tidur disandarkan ke dinding?

Dalam feng shui, kepala tempat tidur paling baik jika disandarkan pada dinding. Namun, tidak disarankan jika tiga sisi tempat tidur lainnya (kiri, kanan, dan kaki tempat tidur) menempel pada dinding.

Misalnya, jika tempat tidur diatur dengan satu sisi menghadap ke dinding, hal itu bisa membuat sisi tersebut lebih sulit diakses serta menciptakan feng shui yang sulit.

Memiliki ruang terbuka di sisi kiri dan kanan tempat tidur memungkinkan qi (energi) mengalir secara merata di sekitar Anda. 

Jika ada dinding di satu sisi tempat tidur, qi tidak dipupuk dari kedua sisi. Ini berarti Anda menutup satu sisi energi karena masing-masing memiliki sisi Yin dan sisi Yang yang harus selaras satu sama lain.

Artinya, Anda tidak boleh memiliki terlalu banyak Yin atau Yang. Sangat penting memelihara dan mengekspresikan kedua sisi diri. 

Tempat tidur yang menempel pada dinding bisa sangat menantang jika Anda mencari pasangan. Ketika calon pasangan tidak bisa mengakses ke sisi tempat tidur mereka, ini mengirimkan pesan energik bahwa Anda tidak memiliki ruang dalam hidup untuk orang lain. 

Selain itu, posisi ini tidak membuat Anda siap untuk hubungan yang seimbang dan adil. Jika Anda memiliki pasangan, posisi tempat tidur menempel dinding membuat salah satu dari orang harus merangkak di atas yang lain untuk memihak mereka, yang dapat menandakan ketidakseimbangan.

Padahal, masing-masing pasangan harus dapat dengan mudah mengakses ke sisi tempat tidur mereka.

Namun, untuk tempat tidur tamu atau tempat tidur anak, tidak perlu khawatir bila diletakkan menempel pada dinding.

Sebaliknya, tempat tidur anak atau boks bayi justru sebaiknya disandarkan pada dinding untuk menambah dukungan dan perlindungan.

Namun, Anda masih harus memastikan tempat tidur mereka dalam posisi komando sehingga dapat melihat pintu dari tempat tidur.   

Sebaiknya, pindahkan tempat tidur ke posisi perintah. Namun, apabila tinggal di rumah kecil dan tidak dapat memindahkan tempat tidur, Anda dapat mengangkat qi dengan cara lain, salah satunya bekerja dengan elemen kayu yang membangkitkan semangat dan energi.

Kayu adalah salah satu dari lima elemen yang digunakan dalam feng shui dan energi kayu bisa sangat mendukung dalam situasi ini. 

Anda dapat menambahkan kayu ke kamar tidur dengan mendekorasi dengan hijau, biru, atau teal, atau menambahkan tanaman hias.

Jika menambahkan tanaman, pastikan memilih varietas yang cocok untuk kamar tidur Anda. Carilah tanaman yang tumbuh subur dalam kondisi cahaya, suhu, dan kelembapan kamar tidur, lalu ingatlah untuk merawatnya. 

Cara lain, menambahkan cermin. Coba letakkan cermin pada dinding tempat tempat tidur berhadapan untuk memperluas ruang secara visual dan penuh semangat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/12/195400176/ini-posisi-terbaik-meletakkan-tempat-tidur-menurut-feng-shui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke