Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2022, 09:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli diet sering memuji kehebatan telur sebagai salah satu sumber nutrisi paling sempurna karena mengandung sembilan asam amino esensial, yang merupakan bahan penyusun protein.

Tak heran, banyak orang menyimpan telur rebus di kulkas untuk camilan atau mengonsumsinya dengan nasi.  

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Apakah Telur Sudah Busuk di Kulkas

Namun, berapa lama telur rebus bisa bertahan di kulkas?

Dilansir dari Taste of Home, Jumat (26/8/2022), telur rebus memiliki umur simpan cukup lama di dalam kulkas sehingga tidak perlu khawatir akan rusak sebelum mengonsumsinya. 

Telur rebus akan bertahan sekitar tiga hingga empat hari di kulkas. Setelah empat atau lima hari, saya akan membuangnya,” kata Herve Malivert, Direktur Urusan Kuliner di Institute of Culinary Education. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengatakan telur rebus dapat bertahan selama seminggu setelah memasak. 

Baca juga: Ketahui, Bahaya Menaruh Telur di Rak Pintu Kulkas

Namun, perlu diingat bahwa seberapa segar telur juga turut menentukan umur simpan telur rebus di kulkas. Misalnya, bila menggunakan telur yang lebih tua, akan memperpendek umur simpannya. 

Cyril Kabaoglu, instruktur utama seni kuliner di Institute of Culinary Education, mengatakan telur rebus harus disimpan dalam keadaan terkupas.

Sebab, menyimpannya telur tanpa mengupasnya bisa membuat telur rebus semakin sulit dikupas seiring waktu.

Namun, jika ingin menyimpan telur rebus di kulkas selama lebih dari beberapa hari, Malivert mengatakan menyimpannya tanpa perlu mengupas untuk membantu melindungi telur dari kekeringan. 

Baca juga: Hindari Menaruh Cangkang Telur di Karton, Ini Bahayanya

Bagaimana mengetahui telur rebus sudah tidak bagus?

Makanan sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi salah satunya adalah telur.FREEPIK/TIMOLINA Makanan sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi salah satunya adalah telur.
Mengetahui apakah telur rebus sudah tidak bagus cukup mudah. Anda bisa melakukan tes mengendus.

Telur rebus yang sudah tidak bagus atau melewati umur simpan, akan mengeluarkan bau tidak sedap atau busuk. Sebaliknya, telur yang masih bagus tidak memiliki bau busuk.

Jika masih tidak menemukan jawaban, lihatlah tampilan telur. Telur rebus yang sudah tidak bagus, kata Malivert, memiliki tekstur berlendir dan lengket dan warnanya akan sedikit berubah menjadi abu-abu.   

Baca juga: 3 Kesalahan Menyimpan Telur yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Cara menyimpan telur rebus

Sama dengan menyimpan telur mentah, telur matang atau rebus juga membutuhkan pendinginan untuk membuatnya tahan lama.

Setelah mengupas telur, masukkan telur ke wadah dengan penutup rapat, lalu masukkan kulkas. Tambahkan handuk basah untuk membantu telur mentah tetap segar lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com