Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna Cat yang Dapat Memaksimalkan Cahaya Alami di Dapur

Kompas.com - 26/08/2022, 08:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memaksimalkan cahaya alami seperti sinar matahari adalah salah satu hal paling sederhana, tapi efektif yang dapat dilakukan untuk mengubah dapur.

Semakin banyak cahaya alami, semakin membuat dapur tampak besar, jadi penting menonjolkan aset organik dapur dan membuat ruangan mendapat cahaya matahari sebanyak mungkin. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Cocok untuk Setiap Gaya Rumah Menurut Para Ahli

Desainer dapur dan Direktur Desain di perusahaan dapur Eponymous, Tom Howley, menyarankan menggunakan warna-warna netral, termasuk warna kayu dan cat yang lebih terang untuk memperluas ruang dapur.

"Pasangkan warna terang dengan meja berwarna sangat terang untuk dapur terlihat luas dan lapang," katanya dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (26/8/2022).

Apabila ingin menggunakan lemari besar dengan tinggi, dari lantai hingga plafon, ini hanya boleh dipasang dengan lemari pajangan pintu kaca. 

Baca juga: 7 Inspirasi Dapur Kecil agar Tampak Lebih Luas

Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih, Ilustrasi kitchen island.Unsplash/Zac Gudakov Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih, Ilustrasi kitchen island.
Lemari ini akan membuka ruang dapur sedemikian rupa, tapi hindari menggunkan lemari buram di dapur yang lebih kecil. 

Nuansa lembut putih hangat dan cream bekerja baik dengan sendirinya, tetapi lebih baik bila digunakan dalam skema dua nada.

Jika Anda menggunakan warna lebih terang untuk mempercantik ruangan, cobalah mengecat dinding dengan warna yang sama untuk memfokuskan mata pada seluruh area sehingga membuatnya terasa lebih besar dan ringan.  

Baca juga: 4 Cara Menciptakan Dapur yang Ramah Lingkungan

Warna cat yang memberikan ilusi ruang dan cahaya

Dapur menjadi jantung sebuah rumah. Untuk memaksimalkan dapur, gunakan warna cat yang dapat memberikan ilusi ruang dan cahaya.

Dinding dan lantai pucat memberikan ilusi ini, tetapi gunakan warna aksen sehingga tampilan akhir tidak hambar atau klinis.

Direktur di Benjamin Moore, Helen Shaw, menyarankan menggunakan warna netral di dapur karena dapat mengombinasikannya dengan berbagai saturasi dan nada. 

Pakar warna dan cat, Annie Sloan, mencatat bahwa skema netral dijamin terlihat lebih menarik dan dapat membantu menciptakan ilusi dapur menjadi lebih terang, cerah, serta lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com