Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Panci Stainless Steel agar Mengkilap Seperti Baru

Kompas.com - 25/08/2022, 20:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan dan panci stainless steel adalah peralatan masak yang banyak digunakan. Peralatan masak stainless steel tahan lama, dapat memanas dengan cepat dan merata, menahan panas dengan baik, dan tidak perlu dilapisi ulang seperti wajan besi cor.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Kamis (25/8/2022), karena bahannya non-reaktif, Anda bisa memasak apa saja dengan panci stainless steel tanpa khawatir merusak permukaannya.

Namun, meskipun stainless steel dirancang untuk menahan korosi dan karat, stainless steel tidak tahan terhadap noda dan perubahan warna yang terbakar. Dengan penggunaan sehari-hari muncul noda, noda air, dan tanda membandel lainnya, jadi penting untuk mengetahui cara membersihkan panci stainless steel dengan benar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Goresan pada Permukaan Stainless Steel

Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/SEVENKE Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel.

Cara membersihkan panci stainless steel

Sebelum Anda mulai, periksa petunjuk produsen untuk mengetahui tips mencuci tertentu. Mencuci dengan tangan biasanya merupakan cara terbaik untuk membersihkan panci stainless steel.

Untuk menghindari lengkungan, selalu biarkan peralatan masak dingin sebelum dibersihkan.

Jangan pernah menggunakan alat abrasif seperti wol baja atau pembersih keras seperti pemutih atau pembersih oven pada panci stainless steel Anda, karena ini dapat merusak permukaan secara permanen.

Untuk pembersihan sehari-hari, gosok panci stainless steel dengan air sabun panas dan spons nonabrasif.

Baca juga: Panci dan Wajan Stainless Steel Tergores, Apakah Aman Digunakan?

Jika sisa makanan yang menempel masih tersisa, isi panci dengan air sabun secukupnya untuk menutupi sisa makanan, didihkan, dan gosok dengan spatula atau sendok kayu. Biarkan panci dingin, lalu cuci seperti biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com