Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Makan Stainless Steel

Kompas.com - 26/02/2022, 11:28 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, peralatan makan maupun peralatan masak yang terbuat dari stainless steel (besi tahan karat) bisa memunculkan karat yang tak diharapkan.

Selain hasilkan perubahan warna yang tak sedap dipandang, karat yang ada pada peralatan makan dan masak stainless steel akan terus menumpuk hingga menjadi lebih buruk jika tidak dihilangkan.

Oleh karena itu, penting untuk segera menghilangkan karat yang ada di lapisan permukaan peralatan makan dan peralatan masak stainless steel.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Karat dari Permukaan Keramik

Dilansir dari Taste Kitchen and Table, Sabtu (26/2/2022), berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karat dari peralatan makan dan peralatan masak stainless steel.

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.
Menggunakan cuka putih

Tuangkan cuka putih ke dalam sebuah baskom atau ember, lalu rendam peralatan makan dan masak stainless steel yang berkarat ke dalam air.

Biarkan peralatan makan dan peralatan masak stainless steel direndam di dalam cuka semalaman. Setelah selesai, keluarkan dari ember yang berisi cuka dan sisihkan.

Gunakan kain bersih untuk membersihkan karat. Jika noda karat masih ada setelah kamu membersihkannya, rendam lagi ke dalam cuka.

Bersihkan peralatan stainless steel yang masih terdapat karat menggunakan air dan sabun cuci piring hingga karatnya menghilang dan pastikan semuanya kering.

Gunakan lemon

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Noda Karat pada Toilet dan Wastafel

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com