Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan Menyimpan Telur yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Kompas.com - 08/05/2022, 13:56 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTelur menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi orang dan sering kali menjadi hidangan utama. 

Selain itu, dibanding bahan makanan lain seperti daging, telur memiliki harga yang cukup murah serta mudah diolah menjadi berbagai aneka masakan. 

Baca juga: Cara Terbaik Menyimpan Telur dan Usia Penyimpannya

Akan tetapi, telur mudah membusuk dan mengembangkan bakteri jika tidak disimpan dengan tepat. Akibatnya, telur terpaksa harus dibuang sebelum mengolahnya. 

 

Nah, untuk menghindari hal buruk tersebut, dilansir dari Real Simple, Minggu (8/5/2022), berikut beberapa kesalahan menyimpan telur yang perlu diketahui. 

Tidak segera memasukkan telur ke kulkas

Ilustrasi telur, Ilustrasi menyimpan telur kulkas.SHUTTERSTOCK/JARABEE123 Ilustrasi telur, Ilustrasi menyimpan telur kulkas.

Terlepas dari cara membeli telur, entah dari toko kelontong maupun dari toko lain melalui jasa pengiriman ke rumah, telur harus segera didinginkan sesaat setelah tiba.

Menurut United States Department of Agriculture Food Safety and Inspection Service (USDA), fluktuasi suhu sangat penting untuk menjaga keselamatan telur.

Baca juga: Ketahui, Ini Ciri-ciri Telur Berkualitas dan Cara Tepat Menyimpannya

Sebab, telur memiliki bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut sehingga telur harus segera dimasukkan ke kulkas.

Lebih lanjut, setelah didinginkan, telur harus tetap dalam kondisi tersebut jika tidak segera mengolahnya

USDA mencatat, telur dingin yang ditinggalkan pada suhu ruangan dapat mengeluarkan keringat yang memfasilitasi pergerakan bakteri ke dalam telur serta meningkatkan pertumbuhan bakteri. '

Baca juga: Trik Menajamkan Pisau Blender yang Tumpul dengan Cangkang Telur

Suhu kulkas kurang tepat

Ilustrasi telurPIXABAY/TOOKAPIC Ilustrasi telur

Telur perlu dimasukkan ke kulkas secepatnya, tetapi pastikan suhu kulkas sudah tepat sebelum menyimpannya. Jadi, pastikan suhu kulkas diatur pada 4 derajat Celsius atau di bawahnya dan simpan telur di dalam kartonnya.

Simpan telur pada bagian terdingin kulkas, tetapi hindari menyimpan telur pada area pintu kulkas yang cenderung mengalami fluktuasi suhu atau lebih hangat.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk

Mencuci telur

Ketika menyimpan telur ke kulkas, Anda tidak perlu mencuci telur karena dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

Selain itu, mencuci telur bisa menyebabkan air yang digunakan terserap ke dalam telur melalui pori-pori pada cangkangnya.

Baca juga: Jangan Dibuang, Cangkang Telur Bisa Mengatasi Masalah pada Tanaman

Untuk itu, hindari mencuci telur karena setiap telur sudah memiliki lapisan pelindung yang diletakkan pada permukaannya oleh induk ayam.

Namun, dikutip dari Kompas.com, Anda tetap bisa membersihkan telur menggunakan lap lembut yang dibasahi air hangat. Namun, tidak perlu menggosoknya dengan keras dan pastikan permukaan telur bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com