Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menajamkan Pisau Blender yang Tumpul dengan Cangkang Telur

Kompas.com - 17/04/2022, 19:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender merupakan salah satu peralatan elektronik yang sering digunakan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan seperti buah, bumbu dampur, hingga daging. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, pisau blender yang semula tajam menjadi tumpul atau tidak tajam sehingga bisa menghambat proses menghaluskan dan kinerja alat. 

Baca juga: 6 Penyebab Blender Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menajamkan kembali pisau blender. Dilansir dari The Kitchn, Minggu (17/4/2022), untuk membuat pisau blender kembali tajam, Anda bisa menggunakan cangkang telur

Namun, untuk memberikan hasil maksimal, simpan cangkang telur ke dalam freezer terlebih dulu dan hindari mencucinya untuk mencegah kebusukan. 

Baca juga: Catat, 3 Kesalahan Umum dalam Penggunaan Blender

Ilustrasi blender.SHUTTERSTOCK/NAZAROVSERGEY Ilustrasi blender.
Anda bisa meletakkan cangkang telur ke dalam mangkuk, di atas tisu, atau memasukkanya ke tas zip-top, lalu masukkan ke freezer. Simpan cangkang telur ke dalam freezer selama beberapa menit, bahkan seharian.

Setelah itu, masukkan segenggam cangkang telur ke dalam blender, tambahkan air sampai cangkang telur tertutup, dan nyalakan blender. Jalankan blender sampai cangkang telur hancur dan halus.  

Baca juga: Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Blender Portable

Namun, hindari membuang air cangkang telur ke saluran pembuangan karena bisa menyumbat pipa. Begitu pun jangan membuang cangkang telur ke tempat sampah.

Alih-alih membuangnya, sebaiknya gunakan cangkang telur untuk membuat kompos bagi tanaman. Ini bisa membuat tanaman tumbuh lebih subur. Terakhir, cuci wadah blender dengan sabun hingga bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com