Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Blender Portable

Kompas.com - 06/02/2022, 19:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi peralatan dapur yang berfungsi menghaluskan berbagai bahan makanan seperti buah, sayuran, dan bumbu, membuat blender mudah berbau, terlebih bila perawatan dan pembersihannya tidak dilakukan dengan baik.

Ditambah, bila menggunakan blender portable atau blender botol yang memiliki tabung lebih kecil daripada blender biasanya. Ketika tidak segera dibersihkan, blender akan menyisakan bau tak sedap pada penggunaan selanjutnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wadah Blender yang Keruh

Dilansir dari Mr Right.in, Minggu (6/2/2022), pencampuran berbagai makanan dan cairan dalam blender portable dapat menimbulkan bau yang sulit dihilangkan. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu membersihkan blender portable yang berbau. 

Gunakan baking soda dan cuka

Ilustrasi baking soda atau soda kue. Perbedaan baking soda dan baking powder kerap sulit dikenali.FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue. Perbedaan baking soda dan baking powder kerap sulit dikenali.
Salah satu cara paling efektif membersihkan blender portable yang berbau adalah menggunakan baking soda dan cuka. Kebanyakan blender portable terbuat dari plastik BPA yang lebih rentan terhadap bau, terutama jika tidak dibersihkan secara teratur.

Untuk mengatasinya, isi botol blender dengan campuran cuka dan baking soda, lalu biarkan selama semalaman. Pastikan tutup flip dibiarkan terbuka.

Pada pagi hari, keluarkan campuran dan bilas botol dengan benar. Pastikan baunya telah hilang dan botol terlihat jauh lebih bersih. 

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Blender Bocor 

Gunakan ekstrak vanila

Ekstrak vanila dapat membantu menghilangkan bau dari blender portable. Untuk melakukannya, ambil selembar koran dan taburi dengan sedikit air, lalu taburi beberapa tetes ekstrak vanila di atasnya. 

Setelah itu, remukkan koran dan masukkan ke botol blender. Pasang tutupnya dan biarkan selama 24 jam.

Saat membuka tutupnya dan mengeluarkan koran dari botol, Anda akan melihat bahwa semua bau busuk telah hilang dan digantikan aroma segar. Selain koran, Anda juga bisa menggunakan tisu. 

Baca juga: Hand Blender Vs Stand Blender, Mana yang Lebih Baik? 

Ampas kopi untuk membersihkan botol blender yang bau

Untuk menghalau uban, campurkan ampas kopi dengan kondisioner menjadi krim masker rambut alami.Pixabay/Eliasfalla Untuk menghalau uban, campurkan ampas kopi dengan kondisioner menjadi krim masker rambut alami.

Cara lain membersihkan blender portable yang berbau adalah menggunakan ampas kopi. Masukkan ampas kopi basah k botol blender dan menutupnya selama semalaman.

Saat pagi hari, buang ampas kopi dan rasakan kesegaran bahwa semua bau tak sedap telah hilang dari botol blender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com