Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2022, 13:33 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat akan beristirahat, umumnya kucing akan menyari tempat ternyamannya di rumah.

Ia akan mendatangi tempat yang jauh dari hiruk pikuk rumah, lokasi yang tinggi, tersembunyi dan juga hangat seperti di bawah selimut.

Menemukan kucing meringkuk di balik selimut mungkin terlihat lucu, namun ia bisa saja meninggalkan rontokan bulu dan kutu yang bisa berpindah ke atas kasurmu.

Melansir dari Paw Tracks, Minggu (6/2/2022), jika kamu seringkali menemukan kucing tidur di balik selimutmu, berikut ini adalah 6 alasan mengapa ia seringkali melakukannya dan cara mengatasinya.

Baca juga: Punya Kucing Penakut? Ini 5 Cara Membuatnya Lebih Berani

Hangat dan nyaman

Kucing mungkin mulai naik ke atas tempat tidurmu dan tidur di balik selimutnya karena tempat ini hangat dan nyaman.

Jika kucingmu seringkali melakukan ini sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan seperti memberinya tempat tidur sendiri. Pilih tempat tidur khusus kucing dengan bahan yang tebal dan empuk.

Letakkan tempat tidur di area yang disukai kucing seperti di dekat jendela atau dekat elemen pemanas.

Kamu juga bisa memberinya tempat tidur dengan pemanas untuk musim dingin yang lebih hangat.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Tidur di Tempat yang Tinggi

Ingin bermain

Beberapa kucing bersembunyi dibalik selimut karena mencari kesempatan untuk bermain dengan mu. Terutama jika kucing mulai naik ketempat tidur saat kamu sedang membersihkannya, ia akan melompat dan mulai mencari perhatianmu.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya jauhkan kucing saat kamu sedang membersihkan tempat tidur. Selain itu kamu juga bisa memberinya permainan interaktif agar ia mulai lupa dengan selimutmu.

Baca juga: Kucing Suka Makan Kertas? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Merasa aman

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika mencari cara merawat anak kucing baru lahir
 adalah memastikan hewan mungil ini mendapatkan tempat yang hangat.PEXELS/OMAR RAMADAN Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika mencari cara merawat anak kucing baru lahir adalah memastikan hewan mungil ini mendapatkan tempat yang hangat.

Sentuhan dari selimut yang mengenai tubuh kucing dapat membuatnya merasa aman. Ruangan tertutup di bawah selimut ini mungkin membuatnya seperti di dalam tempat persembunyian dan berlindung dari ancaman. Dengan bersembunyi dibalik selimut, kucing lebih rileks dan tidak stres.

Jika kucing menyukai selimut karena merasa aman, mungkin kamu perlu mengetahui apa yang membuatnya stress dan takut di rumah.

Coba berikan kucing ruang bersembunyi sendiri seperti kardus yang dilapisi kain atau gunakan tempat tidur yang tertutup.

Baca juga: Jangan Pernah Menarik Ekor Kucing, Ini Bahayanya

Ingin dekat denganmu

Beberapa jenis ras kucing sangat suka bersosialisasi dan berada dekat dengan pemiliknya terutama saat kamu berada di kamar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com