Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Utama yang Harus Disingkirkan Saat Pindah Rumah

Kompas.com - 06/02/2022, 09:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah alamat dan pindah ke rumah baru menjadi pengalaman yang cukup mendebarkan.

Anda tidak hanya mendesain ruang hidup baru seperti yang selalu dibayangkan, tapi juga membuka babak baru dalam hidup seperti bertemu orang baru atau membangun hubungan tetangga di lingkungan yang baru. 

Baca juga: 5 Tips Pindah Rumah agar Berjalan Lancar

Pindah rumah juga merupakan waktu tepat untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak lagi sesuai dengan gaya hidup dan preferensi Anda untuk membuat pengaturan baru, merapikan, dan membebaskan lebih banyak ruang yang tersedia di rumah serta dalam hidup Anda.

Nah, berikut ini lima hal utama yang harus disingkirkan saat pindah rumah dikutip dari Roohome, Minggu (6/2/2022).  

Baca juga: Mau Pindah Rumah? Begini Cara Mengemas Tanaman Hias yang Benar 

Hal-hal yang tidak pernah digunakan

Ilustrasi pindah rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi pindah rumah.
Sebagian dari kita tentu memiliki barang-barang di rumah yang tidak pernah lagi digunakan. Manfaatkan momen pindah rumah untuk menyingkirkan barang tersebut.

Mulai dari, majalah lama, buku yang tidak pernah dibaca, peralatan yang tidak pernah digunakan, mainan untuk anak atau hewan peliharaan yang tidak disukai mereka, hingga barang rusak yang tidak pernah diperbaiki. 

Pikirkan juga tentang apa pun yang tidak akan pernah digunakan lagi dan tidak terlalu dibutuhkan di rumah baru nanti. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Akan Pindah Rumah 

Hal-hal yang telah digunakan, tetapi tidak lagi diperlukan 

Selanjutnya, pikirkan semua hal yang telah digunakan, tetapi tidak lagi dibutuhkan atau tidak dapat digunakan. Ini bisa berupa pakaian lama yang sudah kekecilan, sepatu yang sudah kekecilan, peralatan elektronik lama yang rusak.

Mungkin beberapa dari kita tergoda untuk menyimpannya sebagai kenangan, tetapi begitu ruang hidup menjadi penuh sesak, inilah saatnya mengucapkan selamat tinggal.

Barang lainnya adalah produk kecantikan atau makeup yang kadaluwarsa, obat-obatan yang kadaluwarsa, dokumen yang tidak lagi diperlukan, seprai dan handuk yang sudah lusuh, juga tagihan dan kuitansi dari tahun lalu. 

Baca juga: 5 Tips Mengemas Barang-barang Saat Pindah Rumah agar Cepat dan Mudah 

Hal-hal yang dimiliki terlalu banyak

Ilustrasi pindah rumah. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi pindah rumah.
Bagian favorit merapikan rumah saat pindah rumah adalah bagian dengan hal-hal yang tampaknya berlipat ganda.

Ini adalah barang-barang yang dimiliki terlalu banyak seperti piring, gelas, dan cangkir, wadah, botol air, selimut, seprai, serta koper. Hal ini mungkin jenis barang tidak penting yang paling populer disimpan di rumah.

Hal-hal yang tidak cocok dengan lingkungan rumah baru

Momen pindah rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan barang apa pun yang tidak sesuai dengan ruang hidup baru Anda dengan mempertimbangkan jenis interior yang dipilih dan warna yang akan digunakan.

Contohnya, gorden tua, set ruang makan, set kamar tidur, furnitur, lantai, wallpaper, dan banyak lagi. Jika memiliki anggaran lebih, sebaiknya mengganti barang-barang tersebut dengan item baru. 

Baca juga: Simak, Cara Mengemas Barang Pecah Belah Sebelum Pindah Rumah 

Hal-hal yang bukan milik Anda

Terakhir, pikirkan semua barang yang disimpan untuk teman atau keluarga. Tentu saja, bukan ide bagus membuang barang yang bukan milik Anda. Hubungi pemiliknya dan mengatur penjemputan serta pengembalian.

Ini akan memungkinkan Anda untuk pindah ke rumah baru dengan awal yang baru. Dengan menyingkirkan barang-barang lama dan tidak lagi berguna dari rumah lama, membuat tugas mengemas barang menjadi lebih ringan, menghemat waktu, juga menikmati lingkungan rumah yang benar-benar baru serta bebas kekacauan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com