Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup 30 Menit, Ini Tips Membersihkan Kulkas Secara Mendalam

Kompas.com - 06/02/2022, 09:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan peralatan elektronik yang memiliki peranan penting di rumah.

Kulkas tidak hanya bertujuan menyimpanan dan mendinginkan berbagai bahan makanan, tapi juga mengawetkan makanan agar bisa digunakan lebih lama. 

Baca juga: 6 Tips Mengundang Feng Shui Baik ke Rumah Lewat Kulkas 

Untuk itu, penting membersihkan kulkas secara berkala demi menjaga kualitas dan rasa bahan makanan yang ada di dalamnya, mencegah kulkas berbau, serta melindungi kesehatan keluarga Anda. 

Namun, membersihkan kulkas bukan pekerjaan mudah dan tidak boleh sembarangan. Membersihkan kulkas perlu dilakukan secara mendalam sehingga sering kali menguras waktu dan tenaga.

Namun, tak perlu khawatir, ada berbagai metode membersihkan kulkas yang mudah serta cepat.

Dikutip dari Apartment Therapy, Minggu (6/2/2022), berikut tips membersihkan kulkas secara mendalam hanya dalam 30 menit. 

Baca juga: 9 Kesalahan Menata dan Merawat Kulkas yang Harus Dihindari 

Kosongkan kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkasShutterstock/Andrew Rafalsky Ilustrasi membersihkan kulkas
Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan kulkas adalah mengosongkan isi kulkas, baik beberapa bagian maupun secara sekaligus. 

Siapkan dua wadah atau dua area pada rak kulkas untuk meletakkan bahan makanan. Satu wadah untuk bahan makanan yang perlu dibersihkan dan satu lagi untuk bahan makanan yang perlu dimasukkan kembali ke dalam kulkas.

Sedangkan, untuk bahan makanan yang sudah tidak layak atau busuk, segera buang ke tempat sampah. 

Baca juga: Tips Mencegah dan Membersihkan Noda Lengket pada Kulkas

Bersihkan bahan makanan 

Permukaan atau bagian dalam kulkas yang kotor terkadang juga bisa disebabkan oleh bahan makanan yang disimpan di dalamnya. 

Misalnya, bagian wadah bahan makanan yang tidak bersih sehingga menempel di dalam permukaan kulkas. Dengan lap basah, bersihkan bagian bawah bahan makanan serta  bersihkan tetesan pada bagian samping.

Pastikan membersihkan semua bahan makanan dan wadahnya sebelum memasukkannya ke kulkas sehingga tidak membuat kotor serta menyebarkan kekacauan.

Baca juga: 7 Penyebab Bagian Dalam Kulkas Terasa Hangat 

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.

Bersihkan bagian dalam kulkas

Selanjutnya, tips membersihkan kulkas adalah lepas semua rak dan laci bagian dalam kulkas, lalu semprot bagian dalam kulkas dengan larutan cuka dan air, serta konsentrasikan pada area yang kotor dan biarkan larutan meresap.

Setelah itu, cuci rak dan laci yang dilepas dengan air sabun hangat hingga bersih dan sisihkan hingga kering. Sebelum mengembalikan ke dalam kulkas, lap kembali laci dan rak dengan kain bersih. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Tips Merapikan dan Menata Isi Kulkas

Isi kulkas kembali

Ilustrasi isi kulkasUnsplash/Ello Ilustrasi isi kulkas
Setelah selesai memasang rak dan laci ke kulkas, masukkan kembali semua bahan makanan yang telah dibersihkan ke dalam kulkas.

Susun semua bahan makanan secara rapi serta pada areanya masing-masing. Taraaaaaa, kulkas Anda sekarang kembali bersih dan berkilau. 

Tips membersihkan kulkas ini bisa Anda lakukan setiap dua minggu sekali atau setiap kali mendapat kulkas kotor dan bau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com