Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menyimpan Ikan Mentah di Kulkas? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 26/12/2021, 11:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memiliki banyak daging-dagingan mentah, khususnya ikan, hal pertama yang dilakukan adalah segera menyimpannya di dalam kulkas.

Namun, untuknmenyimpannya, tak boleh sembarangan karena dengan penyimpanan yang benar akan memberikan daya tahan maksimal pada ikan mentah tersebut. Selain itu, penyimpanan yang tepat akan menghindari kontaminasi silang pada makanan lainnya. 

Baca juga: Trik Agar Makanan Lebih Tahan Lama di Dalam Kulkas

Melansir dari Southern Living, Minggu (26/12/2021), ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan, saat meletakkan daging mentah di dalam kulkas seperti berikut ini. 

Di mana ikan mentah harus disimpan di kulkas? 

Daging mentah dan ikan harus selalu disimpan di bagian khusus daging di kulkas. Selain itu, berbagai protein harus disimpan secara terpisah dalam wadah bersih.

Ikan sebaiknya disimpan sedingin mungkin. Simpan ikan seperti yang Anda lihat di pasar makanan laut, dikemas, atau dilapisi dengan es atau bungkus es. 

Baca juga: Ketahui Hal yang Harus dan Tidak Harus Dilakukan Terhadap Kulkas 

Cara menyimpan ikan mentah

Daging ikan dan ayam tidak boleh disimpan bersama-sama, tidak dibungkus, tetapi terpisah dalam wadahnya masing-masing.

Saat membawa pulang ikan segar, Manajer Konten Kuliner Sur La Table Meredith Abbott menyarankan mengeluarkannya dari pembungkus yang disediakan pasar.

"Anda harus mengeluarkan ikan yang dibeli dari pembungkus atau wadahnya. Dengan menggunakan tisu, keringkan semua permukaan ikan dengan baik dan pindahkan ke plastik bersih atau kantong yang dapat digunakan kembali."

Setelah udara keluar, tutup kantong dan letakkan di atas es. Selain itu, mengganti es setiap hari sampai memasak ikan. Dengan cara ini, ikan tetap dingin dan segar.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Akuarium Ikan Cupang? 

Berapa lama umur simpan ikan mentah? 

Ikan mentah atau makanan laut yang disimpan di kulkas harus dimasak dua hingga tiga hari setelah pembelian. Seperti memasak dengan protein apa pun, ada protokol keamanan makanan tertentu yang harus diikuti.

"Selalu pastikan setiap kali menangani bahan mentah, Anda telah mencuci tangan dan membersihkan permukaan serta peralatan untuk mengurangi kemungkinan kontaminasi silang," kata Abbott.

Hal yang sama berlaku untuk setelah Anda selesai menangani bahan mentah, cuci, serta bersihkan tangan dan semua permukaan alat di sekitar tempat Anda menangani bahan tersebut. 

Baca juga: Kompor dan Kulkas Harus Selalu Bersih Menurut Feng Shui, Mengapa?

Berapa lama bisa menyimpan sisa ikan? 

Memiliki sisa makanan untuk makanan kedua merupakan hal baik. Namun, berapa lama bisa menyimpan sisa ikan di kulkas?

Abbott menyarankan tidak menyimpannya lebih dari tiga hari setelah dimasak. "Ingat, ketika memanaskan makanan, panaskan kembali sebanyak yang Anda ingin makan," tambah Abbott. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com