Kompas.com - 19/01/2022, 09:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi benda penting di rumah untuk menyimpan bahan-bahan makanan. Namun, penataan dan penyimpanan yang salah di kulkas dapat merusak kualitas makanan dan akhirnya dibuang.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Rabu (19/1/2022), dalam sebuah riset yang dilakukan WRAP di Inggris, limbah makanan di negara tersebut saja mencapai 5.199.825 ton per tahun. Itu kira-kira 515 kali berat Menara Eiffel.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam menata kulkas dan merawatnya, serta tips agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 7 Penyebab Bagian Dalam Kulkas Terasa Hangat

Ilustrasi kulkas, lemari es.SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Ilustrasi kulkas, lemari es.

1. Tidak memaksimalkan ruang lemari es

Kita semua pasti pernah membeli banyak bahan makanan dan kesulitan menyimpannya di kulkas karena ruang penyimpanan yang terbatas. Sebelum Anda memasukkannya ke dalam lemari es, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa isi kulkas terlebih dulu.

Food Standards Agency merekomendasikan untuk membiasakan diri memeriksa apa yang sudah Anda miliki di lemari es atau freezer sebelum berbelanja. Ini akan mencegah pemborosan makanan di masa depan.

Catat apa yang sudah Anda miliki di kulkas. Buang bahan makanan yang sudah kedaluwarsa.

2. Tidak meletakkan makanan yang benar di tempat yang benar

Atur kulkas dengan cara yang benar dan ini akan membantu makanan bertahan lebih lama. Ini bisa sesederhana seperti menyimpan makanan dengan tanggal penggunaan paling cepat yang paling dekat dengan bagian depan kulkas.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Tips Merapikan dan Menata Isi Kulkas

Berikut cara terbaik untuk menyimpan makanan di kulkas.

Rak atas: makanan yang tidak perlu dimasak, misalnya daging dan sisa makanan yang sudah dimasak sebelumnya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.