Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Agar Makanan Lebih Tahan Lama di Dalam Kulkas

Kompas.com - 20/12/2021, 10:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas membantu menyimpan makanan lebih awet dan tahan lama.

Penyimpanan makanan yang tepat tak hanya membantu membuat kulkas lebih rapi saja, namun makanan tersebut akan lebih bertahan lama dan rasanya tetap enak. 

Rachael Pack, salah satu pemilik Kinship Butcher and Sundry, toko kelontong lokal dan berkelanjutan di Atlanta, AS mengatakan, selain mengetahui apa yang harus diletakkan di mana, bantuan terbesar dalam menjaga makanan tetap segar adalah dapat melihatnya.

Baca juga: 4 Faktor yang Menandakan Perlu Mengganti Kulkas

"Hindari menggunakan kertas timah. Melihat apa yang Anda miliki dalam wadah yang jelas dan menarik mendorong Anda untuk memakan makanan. Dalam wadah makanan yang berkualitas baik akan membantu membuang lebih sedikit makanan," ungkapnya yang dikutip dari Southern Living, Senin (20/12/2021). 

Wadah berbentuk kotak dan pembungkus yang tidak sedap dipandang menjadi benda yang cocok diletakkan di kulkas yang kecil, tetapi terkadang yang terbaik adalah menyimpan makanan dalam kemasan aslinya.

Telur, misalnya, harus tetap berada di dalam kartonnya.

"Cangkang telur berpori, sehingga cenderung menyerap bau. Karton menyerapnya, dan membuat telur Anda enak lebih lama," tutur Pack.

Baca juga: Kompor dan Kulkas Harus Selalu Bersih Menurut Feng Shui, Mengapa?

Tips lainnya adalah jauhkan telur dan produk susu dari pintu kulkas yang sebenarnya merupakan salah satu bagian terhangat dari kulkas.

Bagian belakang kulkas adalah yang terdingin, jadi simpan semua makanan yang tidak ingin Anda makan segera di sana.

"Saya tidak suka menaruh buah beri atau herba halus di sana karena terkadang terlalu dingin, yang merusak struktur sel dan merusak teksturnya," jelas Pack.

Gunakan laci kulkas

Gunakan laci kulkas karena benar-benar membuat perbedaan dan membantu mempertahankan kelembapan. Tanpa laci, bahan-bahan makanan seperti sayuran kemungkinan akan layu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com