Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Memilih Warna Terbaik untuk Ruang Tamu

Kompas.com - 20/12/2021, 09:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna interior ruang tamu bisa memengaruhi kenyamanan ketika berada di dalamnya, khususnya ketika menjamu tamu. Namun, memilih warna terbaik untuk ruang tamu bisa sangat merepotkan.

Sebab, ada begitu banyak keputusan yang harus dibuat dan gaya yang menjadi inspirasi, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (20/12/2021), berikut beberapa tips memilih warna terbaik untuk ruang tamu, baik warna cat dinding hingga warna furnitur.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Luas

Ilustrasi ruang tamu dengan karpetUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu dengan karpet

1. Cat semua permukaan dalam satu warna

"Kita telah menemukan bahwa karena kita semua telah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, telah terjadi perubahan yang sangat menarik dalam cara eksperimental dengan cat dan pelanggan kami semakin memfokuskan skema ruang tamu mereka pada nada (warna) yang mereka inginkan untuk membenamkan diri," kata Dominic Myland, CEO Mylands.

Menurut Myland, salah satu tren tersebut adalah warna dari ujung rambut hingga ujung kaki. Misalnya, mengecat dinding, kayu, dan bahkan langit-langit dengan satu warna untuk ruangan yang ramah dan imersif dengan sentuhan modern.

"Kami selalu merekomendasikan untuk benar-benar memikirkan bagaimana warna itu akan berinteraksi dengan cahaya di ruangan dan mencoba sampel terlebih dahulu untuk memastikan Anda menyukainya," ujar Myland.

"Gaya ini juga melengkapi fitur arsitektur yang kuat dengan cara yang segar dan modern," imbuh dia.

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Wallpaper Dinding

2. Cocokkan warna dinding dengan warna furnitur

Ide luar biasa lainnya yang mulai terlihat muncul adalah mencocokkan dinding dengan furnitur.

“Kami semua berusaha keras untuk interior yang kohesif ketika merencanakan dekorasi dan pilihan warna kami adalah inti untuk menciptakan suasana dan tema untuk rumah Anda,” jelas Patricia Gibbons, tim desain di Sofa.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com