Kompas.com - 08/05/2022, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadan berbagai peralatan elektronik di rumah seperti televisi (TV), laptop, dan mesin cuci membuat pekerjaan dan hidup menjadi lebih mudah, lebih produktif, serta lebih menyenangkan. 

Tak heran, bila peralatan elektronik menjadi benda di rumah yang kerap disentuh berulang-ulang setiap harinya sehingga membuatnya mengumpulkan banyak debu dan kotoran. 

Baca juga: Ingin Liburan Saat Lebaran? Matikan dan Cabut Peralatan Elektronik Ini

Meski begitu, banyak pemilik rumah yang tidak memasukkannya ke rutinitas pembersihan rutin, bahkan ada beberapa peralatan elektronik yang hampir jarang dibersihkan. Tentu saja, ini adalah kesalahan besar.

Padahal, sama dengan menjaga kebersihan tangan, penting menjaga kebersihan peralatan elektronik agar tidak menjadi tempat berkembang biak kuman serta bakteri

 

Nah, dikutip dari Bobvila, Minggu (8/5/2022), berikut enam peralatan elektronik yang tidak pernah dibersihkan dan cara membersihkannya.   

Baca juga: Mencabut Kabel Colokan Peralatan Elektronik Bisa Menghemat Listrik?

Ponsel dan tablet

Ilustrasi membersihkan ponsel atau handphone.Shutterstock/Syda Productions Ilustrasi membersihkan ponsel atau handphone.
Setiap inci persegi ponsel Anda memiliki sekitar 25.127 bakteri. Jumlah ini lebih banyak daripada yang ditemukan di kenop pintu pada umumnya. 

Untuk itu, penting membersihkan ponsel dan tablet Anda secara rutin dengan menggunakan kain lap biasa.  

Untuk membersihkannya, gunakan kain mikrofiber dengan campuran 60 persen air dan 40 persen isopropil alkohol serta bersihkan layar ponsel setiap hari.

Kain mikrofiber tidak akan menggores permukaan atau layar ponsel dan tablet. Pastikan mematikan ponsel atau tablet sebelum membersihkan untuk berjaga-jaga jika ada tumpahan. 

Baca juga: 5 Peralatan Elektronik Dapur yang Paling Menghabiskan Energi Listrik 

Komputer dan laptop

Layar komputer atau laptop tidak sering disentuh seperti layar handphone. Meski begitu, tetap dapat mengumpulkan sidik jari dan debu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.