Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Venus Flytrap, Tanaman Pemakan Serangga yang Unik

Kompas.com - 20/08/2022, 10:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mengusir serangga di rumah yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tanaman karnivora atau tanaman pemakan serangga. Salah satunya adalah Venus flytrap.

Tanaman ini memiliki penampilan yang unik, menyerupai mulut yang terbuka dengan gigi-gigi panjang. Jika serangga sudah masuk ke dalam "mulut" Venus flytrap, tanaman ini akan menutup dan menjebak serangga hingga mati.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (20/8/2022), Venus flytrap (Dionaea muscipula) adalah tanaman yang berasal dari daerah rawa. Tanaman ini tumbuh di tanah yang lembap dan asam di bawah sinar matahari penuh.

Baca juga: Mengenal Tungau Laba-laba, Hama yang Bikin Tanaman Bambu Rejeki Mati

Ilustrasi tanaman, ilustrasi venus flytrap.SHUTTERSTOCK / Rybnikova Olga Ilustrasi tanaman, ilustrasi venus flytrap.

Perawatan tanaman Venus flytrap

Venus flytrap adalah tanaman populer baru-baru ini karena penampilannya yang unik dan kemampuannya untuk menangkap serangga. Pencarian kata kunci "Venus flytrap" di media sosial pun meningkat karena pesonanya.

Venus flytrap tumbuh subur di tanah asam yang buruk yang tetap lembap tetapi masih memiliki drainase yang baik. Hindari menanamnya di tanah pot biasa.

Campuran sepertiga pasir dan dua pertiga sphagnum gambut memberikan drainase dan retensi kelembaban terbaik. Jangan menambahkan kapur ke tanah dan jangan pernah menambahkan pupuk.

Venus flytrap tumbuh paling baik dalam cahaya terang tetapi tidak langsung. Sangat penting untuk menghindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung yang menyebabkan daun menjadi renyah.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Indoor Penghasil Oksigen, Tak Hanya Lidah Mertua

Saat tumbuh di dalam ruangan di bawah lampu, jauhkan Venus flytrap 4 hingga 7 inci dari lampu neon. Jika tanaman ini tidak menunjukkan bagian dalam berwarna merah muda atau daunnya terlihat panjang dan kurus, berikan lebih banyak cahaya.

Untuk perawatan Venus flytrap terbaik, jaga agar lingkungan tetap lembap dan tanah tetap lembap, tetapi jangan biarkan tanaman terus-menerus di dalam air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com