Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangat Mudah, Cara Menanam Lidah Mertua dengan Media Air

Kompas.com - 12/07/2022, 15:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias daun populer. Tanaman ini mudah dirawat dan banyak dipilih oleh pemilik rumah karena merupakan salah satu tanaman pembersih udara.

Selain itu, jika Anda sudah memiliki tanaman lidah mertua, Anda dapat dengan mudah memperbanyaknya. Salah satunya adalah dengan menggunakan media air.

Dilansir Mod and Mint, Selasa (12/7/2022), menanam lidah mertua di air sangat mudah dilakukan. Cara menanam lidah mertua dengan media air adalah cukup meletakkan satu daun lidah mertua dan memasukkannya ke dalam vas kaca atau wadah kaca.

Baca juga: Panduan Merawat Tanaman Lidah Mertua di Dalam Ruangan

Ilustrasi menanam lidah mertua dengan media air. SHUTTERSTOCK/TIPPYTORTUE Ilustrasi menanam lidah mertua dengan media air.

Anda juga bisa memotong daun lidah mertua menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak stek untuk menumbuhkan lebih banyak tanaman baru dari satu daun itu.

Salah satu tipsnya adalah, stek pucuk daun dengan ujung runcing, cenderung memiliki tingkat keberhasilan tertinggi. Cara ini tampaknya menumbuhkan akar dan daun baru sedikit lebih cepat.

Berikut langkah menanam lidah mertua dengan media air.

Pertama, gunakan gunting tanaman yang bersih dan tajam. Kemudian, potong daun dengan hati-hati di dekat tanah.

Baca juga: 3 Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua, Bisa Pakai Air

Potong daun lidah mertua menjadi segmen panjang berukuran 4 sampai 5 inci dengan memotong berbentuk V di bagian bawah setiap potongan.

Biarkan mengering selama beberapa hari agar ujung yang terpotong bisa menjadi cukup "bengkak". Ini penting untuk mencegah daun membusuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com