Kompas.com - 26/05/2022, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias populer dan mudah ditanam. Namun demikian, tahukah Anda bahwa lidah mertua juga mudah diperbanyak?

Dilansir Better Homes & Gardens, Kamis (26/5/2022), daun lidah mertua yang bentuknya seperti pedang mudah berakar di air atau tanah dan membelah adalah pilihan yang bagus untuk memperbanyak tanaman yang ukurannya besar.

Yang Anda butuhkan untuk memperbanyak tanaman lidah mertua adalah waktu, pisau tajam atau pemangkas, tanah pot, dan air.

Baca juga: Feng Shui: Ini Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman Lidah Mertua

 

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.

Beberapa tips sederhana akan memastikan tanaman muda tumbuh subur, menyediakan banyak tanaman baru untuk ditambahkan ke koleksi tanaman hias indoor Anda, atau Anda dapat memberikannya pada teman.

Perakaran tanaman lidah mertua baru membutuhkan waktu beberapa bulan, tetapi penantiannya tidak sia-sia, terutama saat Anda mulai melihat tunas baru muncul.

Pola dedaunan yang unik, seperti daun berbintik-bintik atau tepi daun emas, biasanya hilang ketika tanaman ular diperbanyak dengan stek. Pemotongan daun beraneka ragam akan berakar dan kemudian tunas atau anak baru yang muncul biasanya berwarna hijau pekat.

Tanaman lidah mertua hijau padat adalah tanaman hias yang bagus. Namun, ketahuilah bahwa pemotongan tidak akan menghasilkan replika tanaman induk.

Baca juga: 10 Tanaman yang Mirip Lidah Mertua, Jangan Sampai Keliru

Untuk mendapatkan tanaman baru yang terlihat persis seperti tanaman induk, pembagian adalah cara yang harus dilakukan. Membagi tanaman lidah mertua akan memberi Anda tanaman baru yang memiliki warna daun yang sama dengan tanaman aslinya.

Berikut beberapa cara memperbanyak lidah mertua yang bisa dengan mudah dilakukan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.