Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Air Kolam Renang Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

Kompas.com - 05/07/2022, 20:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim atau cuaca panas menjadi waktu terbaik untuk menghabiskan waktu bermain dan bersantai di luar ruangan seperti di kolam renang yang berada di taman atau halaman belakang rumah

Selama hari-hari musim panas, tidak ada cara yang lebih baik untuk mendinginkan diri selain melompat ke kolam renang. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kolam Renang Tetap Bersih dan Jernih

Namun, cuaca panas juga sering kali membuat orang enggan berenang lantaran takut kulit terbakar sinar matahari. Untungnya, ada beberapa cara menjaga air kolam renang tetap sejuk sepanjang musim panas.

Dikutip dari My Decorative, Selasa (5/7/2022), berikut tips menjaga air kolam renang tetap sejuk selama cuaca panas.  

Baca juga: Ingin Membuat Kolam Renang di Rumah? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu  

Jaga air kolam renang tetap bergerak

Ilustrasi kolam renang di tamanUnsplash/DaYsO Ilustrasi kolam renang di taman

Banyak pilihan membantu menjaga air kolam renang tetap sejuk dan menyegarkan sepanjang musim panas. 

Untuk sesuatu yang fungsional dan menarik bagi mata, pertimbangkan menambahkan elemen air ke kolam renang seperti air mancur dekoratif atau air terjun.

Namun, hindari terlalu sering menyalakan pancuran air saat cuaca panas atau pada siang hari karena bisa membuat air lebih hangat. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah dengan Kolam Renang? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Gunakan pool mister 

Cara mudah dan efisien menurunkan suhu air kolam dengan cepat adalah mempertimbangkan menambahkan pool mister ke kolam renang. 

Pool mister menggunakan proses penguapan alami yang menyuntikkan air dingin (atau kabut) ke kolam renang untuk menurunkan suhunya.

Sebagai bonus, anak-anak pasti akan senang berlarian di air yang disemprotkan sepanjang musim panas. Pool mister juga dapat dijalankan pada malam hari.

Pool mister tidak memerlukan sumber air yang terpisah dan menghasilkan tirai pendingin evaporatif, memungkinkannya mengimbangi air yang menguap. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Kolam Renang di Rumah

Gunakan aerator

Ilustrasi kolam renang di rumahUnsplash/Dim Hou Ilustrasi kolam renang di rumah
Aerator kolam hanyalah lampiran yang disekrup ke jalur pengembalian kolam dan menyemprotkan air mancur ke kolam melalui pompa.

Air kemudian mendingin karena oksigen dari tetesan air yang tersebar di udara. Aerator umumnya memiliki efek mendinginkan suhu kolam beberapa derajat, yang dapat membuat perbedaan besar selama hari-hari terpanas pada cuaca panas.

Aerator biasanya bekerja lebih baik pada iklim yang lebih kering, tetapi juga pada kondisi lembap serta pada malam hari. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Tepi Kolam Renang

Tutup kolam renang saat tidak digunakan

Menutup kolam renang saat tidak digunakan bisa mencegah air menjadi terlalu hangat. Selain itu, cara terbaik untuk keselamatan. Ribuan kematian akibat tenggelam yang tidak disengaja terjadi di Amerika Serikat setiap tahun.

Jika air berada pada suhu yang Anda suka, jaga agar tetap seperti itu dengan menutup rapat, terutama pada siang hari. Penutup yang dipasang tidak mahal dan dapat menjaga suhu kolam sesuai dengan yang Anda mau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com