Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Tepi Kolam Renang

Kompas.com - 31/12/2021, 20:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki kolam renang pribadi di rumah tentu jadi hal yang menyenangkan.

Selain untuk bermain air dan berenang, memanjakan mata dan menenangkan hati di pinggir kolam jadi kegiatan yang tak kalah seru, lho!

Apalagi jika tepi kolam dikelilingi oleh tanaman-tanaman hijau yang menyejukkan mata. Namun, jika Anda mencari tanaman hijau untuk mempercantik kolam renang pribadi di rumah, sebaiknya pilih keenam tanaman ini.

Apa saja? Melansir dari The Spurce pada Jumat (31/12/2021) berikut tanaman yang cocok ditanam di tepi kolam.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Pohon pisang

Jika Anda menginginkan tampilan tropis untuk area kolam Anda, pohon pisang langsung menciptakan suasana yang mungkin Anda cari. Pisang adalah tanaman yang tumbuh cepat sekaligus berbuah manis.

Tanamn mereka di di tempat yang aman dari angin karena daun pisang dapat dengan mudah robek jika terkena angin kencang.

Baca juga: Tips Membasmi Nyamuk dari Air Kolam Tanpa Merusak Tanaman

Bunga sepatu

Ilustrasi bunga sepatu, kembang sepatu atau hibiscus.PIXABAY/EVELINE DE BRUINE Ilustrasi bunga sepatu, kembang sepatu atau hibiscus.

Hibiscus atau bunga sepatu adalah tanaman yang suka kelembapan, jadi pastikan untuk menyediakan banyak air.

Jika Anda ingin menggunakan kembang sepatu Hawaii sebagai buket bunga atu dimasukkan ke dalam vas, petik bunga di siang hari saat bunga tersebut mekar, lalu masukkan ke dalam lemari es. Ini akan tetap segar dan terbuka dalam vas cukup lama untuk dinikmati di malam hari.

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Pool Tank di Rumah, Pengganti Kolam Renang

Rumput zebra

Rumput hias, secara umum, adalah pilihan yang sangat baik untuk lanskap tepi kolam. Mereka mudah dirawat, tidak terlalu berantakan, tumbuh dengan cepat, menyatu dengan baik dengan tanaman lain, dan menciptakan bentuk yang mencolok, siang atau malam hari.

Rumput hias khusus ini adalah Miscanthus sinensis 'Strictus', yang biasa disebut rumput zebra atau terkadang disebut rumput landak. Garis-garis horizontalnya memberikan tampilan eksotis yang cocok dengan lanskap tropis.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Ikan di Luar Ruangan

Echeveria

Echeveria adalah tanaman keras sukulen dari Meksiko yang terasa saat disentuh seperti persilangan antara kain kempa dan beludru.

Tanaman ini bagus untuk taman batu dan tahan kekeringan. Mereka juga akan menjadi tambahan yang bagus di tepi kolam renang dicampur dengan sukulen lain dan beberapa rumput hias untuk tampilan yang menarik dan perawatan rendah.

Baca juga: 5 Fungsi Tanaman Air pada Kolam Ikan

Tanaman anggur ubi jalar hias

Tanaman merambat ubi jalar datang dalam banyak warna dan variasi yang indah, tetapi 'Marguerite' berwarna kuning cerah ini (juga disebut 'Margarita' atau 'Margarit') adalah salah satu yang paling mencolok.

Berasal dari daerah tropis dan subtropis, I. batatas adalah tanaman merambat yang tumbuh cepat dan mudah dirawat yang cocok untuk wadah gantung, pekebun, dinding, teralis , dan sebagai penutup tanah.

Baca juga: 5 Tanaman Air yang Ampuh Membersihkan dan Menjernihkan Air Kolam

Pakis staghorn

Di daerah tropis dari mana mereka berasal, pakis staghorn dapat ditemukan tumbuh di pohon. Jika Anda tidak tinggal di daerah tropis tetapi dapat menumbuhkannya di zona Anda, Staghorn sangat cocok dipasang di lempengan kayu atau kulit kayu, keranjang gantung, atau menempel di pohon.

Jika Anda memiliki dinding taman atau rumah kolam yang mendapat sinar matahari yang disaring, ini mungkin tanaman yang mencuri pemandangan untuk area kolam Anda.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com