Kompas.com - 31/12/2021, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah adalah tugas pembersihan yang harus rutin dilakukan setiap penghuni rumah demi menjaga rumah tetap, bersih, sehat, serta terawat. 

Sayangnya, ketika membersihkan rumah, banyak orang tidak maksimal melakukannya. Mereka hanya fokus pada area atau barang-barang yang terlihat atau sering digunakan. 

Baca juga: 7 Kebiasaan Membersihkan Rumah yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Akibatnya, banyak area di rumah yang sebetulnya harus dibersihkan menjadi terlewatkan. Padahal, area tersebut rentan menumpuk banyak kotoran, debu, kuman, juga bakteri

Seperti dilansir dari Bobvila, Jumat (31/12/2021), sebuah survei pada 2012 yang disponsori  Kenmore menemukan bahwa hampir separuh orang Amerika—49 persen—mengambil jalan pintas saat menyedot debu dengan melewatkan area di bawah atau di belakang furnitur dan membersihkan hanya ketika melihat kotoran yang terlihat di lantai.

Nah, berikut beberapa area dan benda rumah yang sering terabaikan untuk dibersihkan dan cara memaksimalkan pembersihan Anda. 

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah dan Kucing Peliharaan agar Tak Memicu Alergi 

Di bawah dan di belakang furnitur

Ilustrasi lemari sudut ruang tamuUNSPPLASH/Ali Choubin Ilustrasi lemari sudut ruang tamu
Menyedot debu tentu sudah menjadi bagian dari rutinitas pembersihan rumah. Namun, seperti dijelaskan sebelumnya, banyak orang melewatkan area di bawah dan di belakang furnitur.

Hal ini lantaran alat penyedot debu yang sulit menjangkau area tersebut. Namun, tak perlu khawatir, dengan vakum profil rendah, Anda bisa menjangkau sebagian besar area di bawah serta di belakang furnitur.

Bisa pula menggunakan tongkat ekstensi dan lampiran sikat untuk mencapai area yang sangat sulit dijangkau. 

Baca juga: Membersihkan Rumah Ternyata Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Gasket kulkas

Sebagian besar kulkas memiliki gasket karet fleksibel di sekitar pintu dan ini menjadi area yang mengumpulkan debu, kotoran, minyak, serta kelembapan. Sayangnya, area tersebut tidak disadari serta terlewatkan untuk dibersihkan.

Untuk membersihkannya, gunakan semprotan cepat dengan larutan pembersih cuka dan air (satu cangkir cuka dan tiga cangkir air), lalu gosok menggunakan lap lembut untuk menghilangkan kotoran, dan akhiri dengan menyeka permukaan menggunakan air biasa. 

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Harus Dihentikan 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.