Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin Kolam Renang di Rumah? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 29/12/2021, 07:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam renang adalah tambahan yang menarik untuk lansekap rumah Anda. Namun demikian, Anda tidak bisa membuat kolam renang di rumah tanpa perencanaan yang matang.

Dilansir dari Homes to Love, Rabu (29/12/2021), ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat kolam renang di rumah. Misalnya, luas lahan halaman rumah Anda, jenis kolam yang akan dibuat, biaya pembuatan dan perawatannya, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam renang di rumah.

Baca juga: 6 Ide Menghadirkan Kolam Renang Kecil di Halaman Belakang Rumah

Ilustrasi kolam renang kecil di rumah. SHUTTERSTOCK/BRESLAVTSEV OLEG Ilustrasi kolam renang kecil di rumah.

1. Alasan memiliki kolam renang

Mulailah seperti yang Anda lakukan dengan proyek renovasi rumah apa pun dengan menetapkan alasan Anda membuat kolam renang. Ini akan memiliki pengaruh besar pada bentuk, kedalaman, ukuran dan bahkan mungkin jenis konstruksinya.

Apakah Anda akan menggunakannya untuk berenang, rekreasi, atau bersantai? Apakah untuk anak-anak dan teman-teman mereka, untuk mempercantik tampilan, atau sebagai titik fokus halaman rumah?

Jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan kolam renang, sisa keputusan tidak akan terlalu sulit untuk diselesaikan.

Namun, sebelum Anda mengembangkan rencana kolam renang lebih jauh, pastikan mengajukan pertanyaan yang paling penting, yakni apakah Anda memiliki anggaran yang cukup?

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Kolam Renang di Rumah

2. Luas halaman rumah dan kontur rumah

Kolam renang lebih mudah dibangun di lokasi yang datar, jadi jika posisi lahan rumah Anda miring dan curam, biaya konstruksi akan lebih tinggi.

Kondisi tanah seperti muka air tanah yang tinggi atau tanah yang sangat berpasir, berbatu atau tidak stabil juga akan membuat pembuatan kolam renang menjadi lebih sulit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com